5 Tokoh Teknologi ini Membawa Perubahan Besar di Era Digital

07.00

Dunia digital selalu berjalan dinamis dan mobile seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih. Ditemukannya komputer, handphone, hingga penetrasi internet ke daerah-daerah pelosok mengubah dunia menjadi (hampir) tanpa batas. Pekerjaan sulit pun semakin terbantu dengan adanya teknologi canggih. Menurut Kambuna Story, ada beberapa tokoh teknologi dalam beberapa dekade ini yang mengubah dunia milenium. Siapa sajakah mereka?

Simak yuk, 5 Tokoh Teknologi yang Membawa Perubahan Besar di Era Digital versi Kambuna Story.

5 Tokoh Teknologi yang Membawa Perubahan Besar di Era Digital Kambuna Story
5 Tokoh Teknologi yang Membawa Perubahan Besar di Era Digital
Bill Gates

Siapa yang tidak mengenal Bill Gates? Bill Gates adalah orang yang beberapa kali menduduki peringkat pertama sebagai orang terkaya di dunia. Pria yang sebentar lagi berusia 62 tahun ini memiliki kekayaan sekitar US$ 86 miliar, atau sekitar 1.160 triliun rupiah dan menjadi Orang Terkaya Dunia tahun 2017 versi Majalah Forbes. Nama Bill Gates mulai meroket sejak mendirikan perusahaan perangkat lunak Microsoft yang dirintis sejak tahun 1975 bersama rekannya, Paul Allen.

Ditemukannya perangkat lunak Windows oleh Microsoft, sangat memudahkan pengoperasian komputer karena telah memberikan antar muka berbasis grafis (Graphical User Interface) dan menjadi sangat familiar bagi pengguna komputer. Pengguna komputer tidak perlu mengetikkan kode-kode lagi untuk menjalankan perintah pada komputer. Sejak peluncuran Windows 1.0 pada 1985 hingga Windows 10 yang diluncurkan pada 2014, saat ini jumlah pengguna Windows sebagai basis sistem operasi komputer/laptopnya menguasai 52,02% berdasarkan Stack Overflow "Web Developer Survey Results 2016". Pesaing terdekatnya adalah MacOS besutan Apple, dengan meraih 26,2% pangsa pasar sistem operasi komputer.
5 Tokoh Teknologi yang Membawa Perubahan Besar di Era Digital Kambuna Story Bill Gates
Bill Gates (foto: uploadvr.com)
Sejak kecil, Bill Gates memang telah menggemari dunia teknologi, hingga kejeniusannya membuat ia masuk ke Harvard University. Bill Gates tidak lama berada di Harvard University, dia drop out dari Harvard karena berusaha keras mengembangkan Microsoft yang didirikannya.

Saat ini, Bill Gates lebih fokus ke dalam dunia filantropi karena telah meninggalkan jabatannya di Microsoft. Meskipun telah menguasai pangsa pasar sistem operasi komputer dan perangkat lunak komputer lainnya, mungkin salah satu kekurangan besar Microsoft di era saat ini adalah tidak berhasil dalam membuat sistem operasi untuk smartphone. Windows Phone gagal di pasaran dunia.

Steve Jobs

Steve Jobs? Siapa tuh? Mungkin generasi muda yang baru melek teknologi akhir-akhir ini (biasa dikenal sekarang dengan kids jaman now) tidak mengenal Steve Jobs. Pria bernama lengkap Steven Paul Jobs ini melonjak namanya di seluruh dunia melalui produk-produk unik yang dihasilkan oleh Apple Inc. yang didirikannya bersama Steve Wozniak. Produk unik seperti pemutar musik iPod, All in One Computer seperti iMac, laptop MacBook, hingga yang paling terkenal saat ini: iPhone yang menjadi pesaing utama beberapa produsen smartphone. Perangkat lunak sistem operasi komputer seperti MacOs dan dan OS smartphone iOS juga bersaing keras dengan sistem operasi Windows besutan Microsoft maupun Android besutan Google.
5 tokoh teknologi membawa perubahan besar di era digital kambuna story produk apple unboxdotid
Berbagai produk dan inovasi Apple saat ini (foto: unbox.id)
Produk Apple yang terkenal karena eksklusivitas dan keindahannya tidak hadir secara instan. Bersama Steve Wozniak dan beberapa rekannya yang lain, Steve Jobs mendirikan Apple Computer (yang sekarang menjadi Apple Inc.) pada 1 April 1976 dengan peluncuran Apple I. Mengalami jatuh bangun akibat eksklusivitas dan persaingan keras dengan Microsoft dan IBM, popularitas Apple Inc. mulai merangkak naik di era akhir '90an melalui iPod-nya yang mulai mengakhiri kepopuleran Walkman disertai produk Macintosh dengan grafis yang indah dan iPhone di era 200an hingga sekarang.
5 Tokoh Teknologi yang Membawa Perubahan Besar di Era Digital Kambuna Story Steve Jobs
Steve Jobs (foto: boomsbeat.com)
Walaupun keluar dari Reed College hanya setelah satu semester, bakat dan kejeniusan Steve Jobs membawanya untuk tidak berhenti hanya sampai disitu. Ia selalu mencari inovasi teknologi dan bisnis untuk mendobrak pasar sekaligus membuat produk baru yang disukai oleh pasar. Sempat keluar dari perusahaan yang didirikannya pada 1985 dan kembali direkrut Apple 1996, akhirnya Steve Jobs benar-benar mengundurkan diri pada tahun 2011 akibat kesehatannya yang terus menurun. Steve Jobs meninggal pada 5 Oktober 2011 dalam usia 56 tahun karena kanker pankreas yang dideritanya.

Steve Jobs dikenang sebagai tokoh teknologi dengan kecerdasan serta inovasi yang mendobrak pasaran dengan desain eksklusif dan keamanan dan kehandalan produknya yang tinggi. Desain Apple banyak diadopsi oleh pengembang desain untuk tampilannya yang indah.

Larry Page & Sergey Brin

Mungkin lebih banyak lagi yang tidak mengenal nama mereka. Lawrence Edward Page dan Sergey Mikhailovich Brin. Namun saat menyebut Google, pasti banyak yang mengenalnya sebagai empu-nya mesin pencarian, pusat segala informasi, sehingga di Indonesia dikenal sebagai Mbah Google, walaupun usianya baru menginjak 19 tahun.

Kepopuleran Google tidak lepas dari kerjasama antara Page dan Brin. Mereka pertama kali dipertemukan di Stanford saat mengambil program Ph. D. jurusan ilmu komputer. Ketidakcocokan saat awal bertemu akhirnya menghilang saat mereka sepakat untuk membuat sebuah mesin pencari (search engine) dengan misi "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang".
5 Tokoh Teknologi yang Membawa Perubahan Besar di Era Digital Kambuna Story Larry Page and Sergey Brin
Larry Page & Sergey Brin (foto: cnbc.com)
Banyak orang merasa dipermudah oleh produk-produk turunan dari Google di dunia serba digital sekarang, seperti surat elektronik Gmail, aplikasi peta Google Maps, hingga Sistem Operasi smartphone: Android OS yang merajai industri telekomunikasi beserta aplikasi lain yang ada di dalamnya.

Berkat kejeniusan dan kerja keras Brin & Page beserta jajarannya, sejak tahun 2012, Google.com menduduki peringkat satu sebagai situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia versi Alexa. Youtube, situs penyedia video dan Blogger, situs layanan pembuatan blog (termasuk yang saya gunakan untuk blog ini)  juga masuk ke dalam situs populer yang sering dikunjungi masyarakat dunia.

Kesuksesan Google Inc membawa Sergey Brin dan Larry Page yang sama-sama berkewarganegaraan Amerika menduduki peringkat 12 dan 13 sebagai orang terkaya dunia 2017 versi Forbes dengan kekayaan sebesar US$ 40,7 miliar dan US$ 39,8 miliar di usia mereka yang baru 44 tahun.

Mark Zuckerberg

Lahir di White Plains, New York pada tahun 1984 dan baru berusia 33 tahun, Mark Elliot Zuckerberg sudah memiliki kekayaan sebesar US$ 56 miliar. Kekayaan Zuckerberg diawali dari penemuan jejaring sosial yang dibuat untuk mahasiswa di kelasnya saat masih berkuliah di Harvard University. Namun, kepopuleran situs besutannya tersebut membawanya untuk mengembangkan jejaring sosial tersebut bersama beberapa teman sekelasnya di Harvard dan kemudian didirikan sebagai perusahaan swasta pada tahun 2004.
5 Tokoh Teknologi yang Membawa Perubahan Besar di Era Digital Kambuna Story Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg (foto: fastcompany.com)
Munculnya Facebook menenggelamkan jejaring pertemanan yang muncul terlebih dahulu seperti Friendster (generasi '90an pasti tahu Friendster) berkat pengembangan dan kelebihan yang terus dilakukan oleh Facebook. Proses pengembangan dan bisnis yang dilakukan Zuckerberg beserta rekannya memaksa mereka untuk memilih: mengembangkan bisnis atau meneruskan kuliah, yang akhirnya mereka memutuskan untuk memilih opsi pertama dan keluar dari Harvard.

Dengan pengguna bulanan mencapai 2 miliar orang di seluruh dunia, Facebook semakin merajai jejaring sosial di dunia selepas mengakuisisi aplikasi chat WhatsApp dan Instagram yang memfokuskan diri sebagai aplikasi berbagi momen lewat sebuah foto. Mark Zuckerberg pun semakin meraih mimpinya untuk connecting the world dan bring the world closer melalui Facebook.
Jumlah pengguna bulanan sosial media di dunia (foto: techcrunch.com)
Bukannya tanpa halangan, Facebook sebagai jejaring sosial yang digunakan di seluruh dunia sering mendapat gugatan terkait penyebaran berita hoax, provokasi, dan SARA. Namun, Facebook selalu berusaha menangkal penyebaran berita-berita tersebut dengan melakukan perbaikan dan penyensoran secara berkala.

Nah, itulah 5 Tokoh Teknologi yang Membawa Perubahan Besar di Era Digital versi Kambuna Story. Mereka terkenal karena usaha keras dan pantang menyerah. Walaupun terkenal kaya raya, tokoh teknologi seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg juga terkenal karena gaya hidupnya yang sederhana, lho..
Pilihan paket kursus di Dumet School
So, buat kamu yang ingin mengikuti jejak mereka membawa perubahan teknologi, baiknya kamu bisa menguasai dunia digital yang prospek ke depannya semakin menjanjikan. Topik-topik seperti Web Master, Web Programming, Web Design, Digital Marketing, atau Desain Grafis cocok buat kamu yang mau merintis karir dunia digital. Kalo merasa skill belum mumpuni, atau masih setengah-setengah, coba perdalam ilmu kamu via kursus aja, seperti di Dumet School yang menyediakan kursus website, digital marketing, dan desain grafis dengan jadwal yang fleksibel, belajar sampai bisa, dan gratis konsultasi seumur hidup. Kalian juga akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari Dumet School saat kalian lulus.

Karir di dunia digital bukan lagi impian, kan? Dan kita bisa mengadopsi inovasi dari para tokoh teknologi yang membawa perubahan besar untuk dunia digital tadi. :D
 

You Might Also Like

4 comments

  1. Kepandaian dan kreativitasnya telah membawa pada kesuksesan. Seandainya tidak ada mereka, mungkin teknologi tidak akan seperti sekarang yah... Nice sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapp.. mereka gigih memperjuangkan idenya. Nggak mudah putus asa.

      Makasih Bang, udah mampir.. :D

      Hapus
  2. mereka memang sangat berpengaruh di dunia digital tapi sayang ya gan tidak ada yang dari indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Gan, kalo yang levelnya sebesar mereka memang belum ada nih. Tapi kalo yang kreatif udah banyak. kok..

      Hapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Cari HP?