Review Lengkap Hisense Pureshot Lite: Body Metal Tak Selalu Mahal

08.00

Setelah Kambuna Story mengeluarkan artikel tentang Unboxing Hisense Pureshot Lite, banyak pembaca maupun penikmat video unboxing itu di Youtube ingin tahu lebih lanjut spesifikasi lengkap dari Hisense Pureshot Lite ini plus performa smartphone murah berkualitas ini setelah dipakai sehari-hari. Saya membeli produk Hisense ini sebelumnya juga teracuni dan terinspirasi review Hisense Pureshot yang dibuat oleh Pak HSW di blog Ponselmu.com. Nah, biar nggak penasaran, saya buatin nih, Review Lengkap Hisense Pureshot Lite sebisa saya, ya.
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite
Hisense Pureshot Lite
Desain Hisense Pureshot Lite

Smartphone yang memiliki dimensi 144.8 mm x 71.8 mm x 7.9 mm sekilas mirip dengan smartphone high end yang terkenal dengan logo "Apel Kroak" nya. Berbahan metal dengan ujung bezel yang membulat membuat hape ini sama sekali tidak memiliki kesan murahan, bahkan mungkin banyak orang salah mengira hape yang saya pegang adalah hape yang mahal. Kalo kamu mau bandingin, Hisense Pureshot Lite sangat mirip dengan Lenovo Vibe K5. Warna gold menambah kesan mewah Pureshot Lite.

Kamu bisa menjumpai port charger dan lubang mikrofon di bagian bawah, sedangkan di bagian atas gadget ini terdapat port audio 3.5 mm. Kalo ngeliat ke bagian samping kanan, dua tombol terlihat terpasang memanjang, yang satu adalah tombol power dan satunya adalah tombol volume up and down. Port micro sd dan nano sim terletak di sebelah kiri HP yang dirakit di Batam ini, menggunakan sistem hybrid (baca sistem hybrid di bawah) dan diperlukan sim card ejector untuk membukanya.
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite desain
Desain Hisense Pureshot Lite
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite port dan tombol

Saya tidak menjumpai cara untuk membuka HP yang bersifat unibody ini, benar-benar menjadi satu kesatuan, dan sepertinya hanya bisa dibuka oleh teknisi Hisense. Baterai bersifat tanam, kamera 8 Megapixel dan flash ada di bagian belakang, sedangkan di bagian depan ada tombol kapasitif yang sayangnya tidak dilengkapi lampu untuk melihat tombol dalam gelap, beserta earphone, sensor, dan kamera 5 Megapixel di bagian depan atas.

Layar Hisense Pureshot Lite

Berdasar info yang saya baca di hasil Antutu, HP versi ekonomis dari Pureshot ini memiliki resolusi 1280 x 720 piksel yang tertampung di layar sebesar 5 inch HD IPS screen dengan kerapatan 320 dpi. Tidak seperti kakaknya, Hisense Pureshot tidak mengusung jenis layar 2,5 D seperti yang terdapat pada Samsung Galaxy S7. Tampilan layar cukup memuaskan dan tajam, hanya sayang, jika diset di mode Auto, sensor kecerahan kurang akurat dan responsif dalam membaca situasi cahaya yang ada, entah apa ini akibat anti gores yang saya pasang atau memang seperti itu dari sananya. Tapi untuk kualitas layar, saya cukup puas. Buat kamu yang sayang menggunakan tombol power untuk mengunci, mematikan, atau menghidupkan layar, kamu bisa meng-custom gesture kamu untuk melakukan aktifitas tadi. Kamu bisa memilih mengetuk layar dua kali atau menggambar simbol, huruf, atau angka yang sudah kamu setting sebelumnya. Tinggal masuk aja di Setting >> Motion and Gesture.
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite layar
Layar Hisense Pureshot Lite
Oiya, layar ini belum menggunakan Gorilla Glass atau yang sejenisnya ya, jadi lebih baik kamu beri tambahan pelindung agar layar tetap awet.

Sistem Operasi dan Hardware Utama Hisense Pureshot Lite

Mengusung prosesor ekonomis besutan Mediatek (MT6735P, 64-bit, Quad Core 1.0 GHz) yang bersanding dengan Mali-T720 dan RAM 2 GB, Hisense Pureshot Lite saya katakan sudah memenuhi sebagian besar kebutuhan sehari-hari penduduk Indonesia yang sangat doyan bermain social media, entah itu Facebook, Twitter, atau Instagram, dan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line, atau BBM. Sedangkan untuk penikmat game berat beresolusi HD/Full HD, saya kira kurang cocok untuk dimainkan di HP ini. Saya hanya mencoba satu game yang memang saya sukai, Zombie Age 3, dan saat menggunakan resolusi HD, terkadang dijumpai lag saat memainkannya, padahal Zombie Age 3 bukan game yang memerlukan grafis berat semacam Asphalt dll.
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite sistem operasi, spesifikasi, dan user interface
Sistem Operasi Hisense Pureshot Lite
Spesifikasi Hisense Pureshot Lite (klik untuk lebih jelasnya)
User Interface Hisense Pureshot Lite
Yang menyenangkan, Pureshot Lite sudah terinstal Android versi baru, Android Marshmallow 6.0 yang bahkan belum semua HP high end mendapat update ke Marhmallow (apalagi update ke Android Nougat). Dipadukan dengan Vision UI versi 3.0 besutan Hisense, membuat tampilan layar sedap untuk dipandang dan menyajikan banyak kustomisasi tampilan walaupun tanpa app drawer. Antarmuka Android Marshmallow juga menyajikan banyak pilihan di bagian setting, silakan untuk mengeksplorasinya sendiri ya, kepanjangan kalo harus dijelasin satu-satu.
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite setting dan kustomisasi
Android Marshmallow, semakin banyak kustomisasi :D
Konektivitas Hisense Pureshot Lite

Hisense Pureshot Lite mendukung dual SIM dengan konektivitas 4G LTE untuk semua operator yang ada di Indonesia, baik operator GSM maupun operator CDMA seperti Smartfren. Kamu bisa milih, mau SIM 1 yang make konektivitas 4G atau SIM 2, bisa diubah-ubah kok. Untuk skema pengaturan sim card-nya, baca aja review Pureshot Pak HSW di link yang saya sebutin di atas ya. Lebih powerfull dan lebih fleksibel dibandingkan hape kelas atas lainnya, dan saya kira saat ini hanya Hisense yang mendukung sistem tersebut.
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite sistem hybrid
Sistem hybrid pada Hisense Pureshot Lite
Gadget ini menggunakan sistem hybrid SIM-micro SD untuk kartu memori dan kartu teleponnya. Artinya, kalo kamu pengen menambahkan memori eksternal, kamu harus mengorbankan salah satu SIM card kamu yang berukuran nano, jadi kamu bisa pilih: memakai SIM Card-SIM Card atau SIM Card-Memory Card. Tapi menurut saya, dengan memori internal yang sudah 16 GB (tersedia 10,7 GB setelah dipotong sistem saat awal digunakan) sudah lebih dari cukup untuk menginstal aplikasi dan menyimpan file di HP kamu.

Kamera dan Ketahanan Baterai Hisense Pureshot Lite
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite kamera
Beberapa Mode Kamera dan Setting pada Hisense Pureshot Lite
Di Hisense Pureshot Lite ini tertanam Kamera Belakang 8 Megapixel yang dilengkapi flash dan Kamera Selfie 5 Megapixel di bagian depan. Performa kamera gimana? Saya kasih penilaian kayak gini nih. Untuk mode Auto, kamera ini (depan dan belakang) bagus untuk mengambil gambar di lokasi yang cukup cahaya, tapi kalo kondisi low light, hasilnya kayak terlalu soft gitu. Bagusnya, kamu ber-selfie ria di outdoor yang punya cahaya berlimpah. Sebenarnya bisa sih di-setting sedikit pake Mode Pro, tapi buat pengguna awam kan banyaknya pake mode Auto, nggak mau ribet ngatur White Balance, ISO, atau Exposure Compensation. Nggak masalah kalo yang suka sama fotografi, kamu malah terbantu banget sama mode Pro yang diberikan Hisense ini. Untuk melihat hasil kameranya, lihat di bawah ya. Hisense Pureshot Lite juga sudah mendukung perekaman video dengan resolusi sampai dengan 720p dengan hasil yang memuaskan.
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite ketahanan baterai
Ketahanan Baterai Hisense Pureshot Lite
Untuk baterai, saya puas dengan baterai tanam sebesar 2.500 mAh yang diberikan Hisense. Untuk pemakaian normal ala saya (chat aktif, sering banget buka instagram, sesekali buka Facebook, nge-game, dan browsing) diperlukan waktu sekitar 11-12 jam untuk menguras baterai dari 100% menjadi 15% (saat dimana sistem  HP mengingatkan untuk menge-charge gadget kamu). Apalagi yang make-nya cuma buat chat doang. Padahal semua aplikasi chat aktif lho.

Fitur Unggulan Hisense Pureshot Lite

Beberapa fitur unggulan yang saya senang menggunakannya dan senang HP ini menyediakan fitur tersebut adalah Memo dan Mobile Manager. Memo yang disediakan Pureshot Lite mendukung penulisan menggunakan jari (saya belum mencoba menggunakan stylus) dan mobile manager itu semacam aplikasi Clean Master yang bisa mengatur jalannya aplikasi dan menghapus/meng-cleaning cache. Tapi saya malah lebih suka Mobile Manager yang ada di Hisense ini karena tidak membuat HP terasa berat dan lebih leluasa mengatur aplikasi mana yang perlu di-turn off saat tidak digunakan (saya lebih memilih biarkan HP memilih sendiri mana aplikasi yang perlu di-turn off saat tidak digunakan, yang penting chat WA dan BBM bisa tetap masuk).

Sedikit Minus dari Hisense Pureshot Lite

Selain sedikit kekurangan yang sudah saya sebutkan di atas, ada sedikit kekurangan minor lain yang ada pada HP ini:

1. Aplikasi gallery bawaan Hisense tidak mendukung fitur move-cut-copy-paste. Hal ini sedikit menyulitkan bagi pengguna untuk mengatur gambar/foto yang ada. Begitu juga dengan file manager bawaan, tidak mendukung fitur select file (untuk memilih beberapa file) dan memindahkannya ke lokasi lain, harus satu per satu. Cukup merepotkan. Tapi nggak begitu masalah sih, karena kamu bisa meng-install aplikasi dari pihak ketiga.
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite memo dan gallery
Memo unik dan Gallery yang tidak mendukung copy-paste
2. Body metal agak licin dan rawan tergores, sehingga saya sering khawatir menggunakannya dengan satu tangan, takut jatuh. Untuk rawan tergoresnya, belum banyak (malahan belum ada) yang menjual case Hisense Pureshot Lite di Indonesia, jadi saya lagi order dari luar negeri, barangkali nanti ada yang udah beli Pureshot Lite dan mau nitip case-nya, bisa ke saya deh (eh, malah jualan :p).

3. Suara keluaran speaker agak kecil, khususnya untuk musik yang diputar, nggak kayak Kakaknya yang udah mendukung Dolby Sound. Kalo ringtone sih nggak masalah, terdengar cukup keras.

Kesimpulan dan Saran dari Kambuna Story tentang Hisense Pureshot Lite

Hisense Pureshot Lite yang mendapat skor 23 ribu-24 ribu sekian dari Antutu Benchmark ini sudah lebih dari cukup buat kamu yang ingin memiliki HP dengan RAM 2 GB dan menggunakan gadget dalam keadaan "standar". Harganya yang murah (apalagi kalo kemarin bisa pre-order kayak saya yang dapet diskon lumayan), spesifikasi tinggi (layar HD, mendukung 4G all operator, RAM 2GB, internal memory 16 GB), dan body yang mewah selayaknya HP kelas atas menjadi keunggulan utama dari Hisense Pureshot Lite.
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite keunggulan
Hisense Pureshot Lite, Banyak Keunggulan dan Ekonomis
Sementara itu, minus yang ada tidak membuat Anda harus mengurungkan niat untuk membeli HP ini.

Nah, sekian review lengkap Hisense Pureshot Lite dari saya. Kalo ada pertanyaan silahkan ditulis di komen ya, akan saya jawab sebisa saya.

Ini bukan sponsored post, hanya mencoba berbagi cerita HP yang baru saya beli kemarin-kemarin sehabis lebaran. Yang minat, boleh deh kita saling share disini.

Terakhir, saya berikan beberapa screenshot dan hasil kamera Hisense Pureshot Lite.
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite kondisi awal
Kondisi awal saat out from the box
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite skor Antutu turun
Skor Antutu Benchmark yang turun saat di-install beberapa aplikasi
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite sensor
Sensor pada Pureshot Lite
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite skor antutu dan perbandingan
Skor Antutu dan Perbandingan dengan Gadget Lain
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite hasil kamera low light flash
Hasil Kamera: Low Light dengan Flash
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite hasil kamera outdoor
Hasil Kamera: Outdoor
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite hasil kamera selfie kamera belakang
Hasil Kamera: Selfie Kamera Belakang
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite hasil kamera selfie kamera depan
Hasil Kamera: Selfie Kamera Depan
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite hasil kamera low light mode pro
Hasil Kamera: Low Light dengan Mode Pro
Review Lengkap Hisense Pureshot Lite hasil kamera low light tanpa flash
Hasil Kamera: Low Light tanpa flash, terlihat agak "terlalu lembut"
Paling terakhir, buat yang males mbaca, saya akan merilis Review Lengkap Hisense Pureshot Lite versi video di YouTube. Jadi, tunggu aja, ya.. :D
Oke deh, caoooowww... See you again next time..

You Might Also Like

14 comments

  1. stok rom donk gan????biar klw ad ap2 bisa normal kembali????? klw mau pindah lagu ke folder lain pake aplikasi ap gan?????pelindung layar blm ad yg jual...sedih banget ane ...belum banyak yg pakai n hp....padahal murah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo stok rom ane ga punya Gan, belum pernah cari..

      Pindah lagu/dokumen, ane biasa nya pake File Commander Gan, yg simple..

      Kalo pelindung layar yg bukan Tempered Glass, ane di konter biasa, yg pake pelindung potongan, emg blm banyak yg jual aksesoris nya nih, case nya aja ane pesen dulu.

      Iya, aplg skrg turun harga, kakaknya yg Pureshot jg skrg cm 1,3 juta

      Hapus
  2. Ane juga make ni HP baru beli 31 Desember harganya 1,199,000 aja beli di gerai smartfren
    Over al mantab bodynya bikin ngiler yg liat mirip i-phone 6s ,.layar cerah, os marsmallow vision UI, perpindahan antar menu lancar dan smoot banget, ane coba game berat aspalt 8 dan robocop lancar jaya yg biasa ngelag di HP lama ane lenovo s930
    Kelemahan Cuma camera kalau buat foto malem jelek ancur, kalau siang mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kang, sekarang murah banget. Yang kakaknya yg pureshot biasa aja skrg cuma 1,3 jt, cm belom body metal.

      Iya bener, sayang kameranya jelek kalo low light

      Hapus
  3. Tolong bikin fimware nya gan buat jaga2 soalnya blm ad yg pake n hp..padahal bgus..murah knp gda yg pake ya padahal kekurangan d kamera aj.....saya main nba2k17 lancar pes2017 lancar...walau internal hampir penuh...semoga aj banyak yg pake.....
    Hisense setengah2 promoin produk...padahal bisa besaing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ane kurang tau kalo stok firmware nya Gan, belum nyari juga.. Forum pemakainya juga belum banyak sih ya, jadi agak ribet..

      Iya, kekurangan di kamera pas low light.

      Betul itu, setuju. Sama Infinix atau Lenovo bisa bersaing kalo pengembangannya ditingkatin.

      Hapus
  4. Bolak-balik galeri Smartphone nyari stock Hisense kosong semua..
    Akhirnya nemu di Bukalipat. Agak mahal dari harga resmi sih, produk masih otw belum sampe, tapi nyari pelindung casing belum nemu, ada rekomendasi gan? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. nambah teman user Hisense lagi. :D
      Kebetulan waktu itu saya pesan langsung dari luar negeri Bang, di Indo emang stok jarang, custom case pun nggak bisa buat .. :(

      Hapus
    2. Haha, keracunan testi pak HSW, kemaren baca review Infinix, niatnya mau beli itu. Giliran baca komentarnya ternyata rekomend buat nyoba Hisense, nyari yang Pureshot, dimana2 gak ada, tinggal seri +, Lite, sama kingkong :(

      Hapus
    3. Cari di Buka*****, Tokped, dll dah ga ada kah Bang? Sekarang tambah murah lho

      Hapus
  5. Seneng banget sama warna dan desainnya heheh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha sama Bang, Alhamdulillah ni udah setahunan ga ada problem sama sekali

      Hapus
  6. suka nongol iklan tiba2 pas pake hp, ngilanginnya gmana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya habis install aplikasi tuh, yg diam diam nyembunyiin aplikasi iklan di dalamnya, biasanya aplikasi launcher atau lainnya.
      Coba inget2, kmrn habis install apa aja. Hapus aja aplikasinya, atau masuk ke manajemen aplikasi, cari aplikasi yang namanya "Shell" (logonya Android ijo). Nah, di uninstall aja tuh Shell nya, Teh

      Hapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Banyak Promo Lho...