Specs, Produk Asli Indonesia Kualitas Dunia

12.00

Teman-teman, ada yang suka main sepakbola kayak saya? Bagi yang suka olahraga, apalagi sepakbola atau futsal, pasti tahu merek yang satu ini. Ya, Specs. Produk apparel olahraga made in Tangerang. Specs adalah asli produk dalam negeri yang dibuat oleh PT Panatrade Caraka. Berawal dari produksi sepatu joging, Specs sekarang merambah ke berbagai lini produk dan segmen olahraga, dari sepakbola, futsal, tenis, lari, sampai badminton, sukses diakomodasi kebutuhannya oleh Specs.
Sepatu Olahraga (Futsal) Specs - dok. pribadi
Nah, saya pengen ngasih testimoni salah satu produknya nih, sepatu bola sama sepatu futsal. Saya mulai memilih sepatu bola merk Specs sejak tahun 2008, sewaktu saya mulai aktif mengikuti kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) sepakbola di UGM. Waktu itu saya memilih Specs karena Specs tu produk Indonesia yang mulai eksis dan menggeliat di segmen sepakbola. Enggak percaya? Ni ada kok, fotonya, sepatu Specs pertama saya. Sepatunya dipake terus tiap minggu, tapi masih..aja awet dipake sampe dua tahun. Keliatan cepet ya, untuk masa edar sepatu? Tapi menurut saya sih enggak, karena pemakaiannya intens banget, buat nendang sana-sini, keseret tanah, rumput, batu kerikil (lapangan amatir Indonesia kan gitu, hehe). Jangan dibandingin sama sepatu yang buat jalan doang, buat ke kampus, atau buat hang out. Memang sih, saya akui, awal-awal muncul, kualitas sepatu Specs belum seperti sekarang ini, kadang perlu dijahit lagi (direparasi sol sepatunya). Tapi saya anggap kualitasnya sudah cukup bagus untuk produk dalam negeri.
Sepatu Specs pertama (tanda merah), warna silver-hitam - dok. pribadi
Kali kedua saya beli produk Specs lagi yaitu waktu saya beli sepatu futsal pertengahan tahun 2013 kemarin. Waktu itu pas mau turnamen futsal, jadi pengen sepatu yang gress, hehehe. Nah, dari sepatu ini saya lihat keprofesionalan Specs dalam meningkatkan kualitas produknya. Dari mulai jahitan badan dengan sol sepatu yang rapi, sampai material bahan yang dipake, enggak kalah sama sepatu merek global macam Adidas, Nike, atau Puma. Padahal seminggu bisa dipake 2-3 kali, tapi sampe setahun ini, belum pernah tuh, jahitan solnya lepas, belum pernah saya jahit ulang sejak dibeli. Hal ini sejalan dengan misi dari Specs itu sendiri: To Be The Most Desired Sport Brand By Delivering Superior Quality Products With The Best Value For Money (Menjadi Merek Olahraga Yang Paling Diinginkan dengan Memberikan Produk Berkualitas Super dengan Nilai Keuangan Terbaik). Jadi Specs ini selalu meningkatkan dan mempertahankan kualitas produknya agar bisa selalu bersaing dengan merek lainnya.
Specs Swervo Boa In, Kualitas Prima - dok. pribadi
Saya juga menilai kalo Specs itu sebagai salah satu produk kreatif Indonesia. Kenapa? Karena produknya itu selalu bervariasi, mulai dari desain fisik produk, sampai corak yang ditampilkan dari produk itu sendiri. Specs senang mengangkat budaya Indonesia sebagai lini unggulan produk. Masih ingat kan, varian songket di kostum Sriwijaya FC? Atau unsur bayu, agni, dan tirta di produk Specs terbaru? Indonesia bangeet.. Padahal visi Specs sendiri adalah To Be One Of The Leading Sports Brand In Southeast Asia By 2015 (Menjadi Merek Olahraga Terdepan di Asia Tenggara pada 2015). Enggak perlu meniru produk luar kalo mau sukses di level Asia Tenggara. Saya rasa unsur inilah yang patut dicontoh sama produk-produk baru maupun yang sudah terkenal dalam Pameran Produksi Indonesia, yaitu selalu tonjolkan corak khas Indonesia, bahwa Aku ini Produk Indonesia, bangga, buat mereka respek dan kagum sama produk kita. Lagian, Specs menggunakan tenaga kerja Indonesia, dan sebagian besar bahan bakunya asli Indonesia.
Corak Songket pada Jersey Sriwijaya FC (sumber: @da_carola)
Accelerator Ethnic: Bayu-Angin, Agni-Api, Tirta-Air (sumber: Screenshot dari Website Specs)
Di tengah produk sepatu KW yang membanjir dengan harga yang bersaing, saya rasa lebih baik memilih produk Indonesia yang sudah terkenal kualitasnya. Karena produk kita asli, mereka KW/palsu, lagian ini buatan Indonesia. Kalo kita membanggakan dan make produk luar negeri terus, kapan dong, produk Indonesia bisa bersaing di dunia? Katanya pengen liat Indonesia maju? Indonesia bersaing?

Yuk deh.. Mari cintai produk dalam negeri. Bangga dengan produk Indonesia.
Pameran Produksi Indonesia. Produk Indonesia Mantaaabbb!!
Yang pengen liat banyak produk kreatif Indonesia, coba aja nanti bisa dateng ke Pameran Produksi Indonesia di Bandung, Harris Convention Festival CTLink, 22-25 Mei 2014.
Produk Indonesia: Mantabbbbb!!

You Might Also Like

2 comments

  1. Berhubung gak suka futsal atau bola, saya gak punya sepatu specs, hehehe... abis sukanya berenang dan bulutangkis om. Bulutangkis aja cuma pake sendal doang jadi.

    Bagus dong corak Specs, karena gak melupakan budaya batik asli Indonesia, biar semakin dikenal oleh dunia internasional. Berarti dari awal beli sampe sekarang gak pernah dijahit ulang??

    Kalo saya sejak lama sudah pake sepatu merk converse, awet banget memang, karena cuma dipake jalan sama naik motor doang, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kualitas Specs sekarang nggak kalah lho Mas, sama sepatu olahraga merk luar. Iya, apalagi tetap masukin unsur Nusantara di coraknya, belum punya pesaing.
      Nggak, kalo SPecs nggak saya jahit ulang, Mas..

      Converse tuh merk Indo apa luar sih, Mas?

      Hapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Cari HP?