ASUS VivoBook S Review: Kinerja mengalahkan Harga

17.00

Di ajang Computex 2017 yang diadakan pertengahan tahun ini, ASUS meluncurkan tagline The Edge of Beyond untuk produk-produk yang dibawanya. Merujuk kepada produk yang dibawa, tagline tersebut menggambarkan produk terkini ASUS yang memiliki bentuk ramping dan ringan dengan tetap membawa kinerja komputasi yang memuaskan.

ASUS, yang merupakan pemimpin pangsa pasar Notebook di Indonesia (yang bahkan pangsa pasar brand kompetitor di bawahnya tidak ada separuh dari pangsa pasar ASUS - menurut GfK 2017) menunjukkan bahwa ASUS selalu memberikan produk-produk unggulan di setiap seri yang diluncurkan. Salah satu produk yang baru diluncurkan ASUS adalah ASUS VivoBook S.
Kinerja mengalahkan Harga: Review ASUS VivoBook S
Kinerja mengalahkan Harga: Review ASUS VivoBook S
Apa sih menariknya ASUS VivoBook S (S510)? Bedanya apa sama kompetitor?
Emangnya beneran, kinerja ASUS VivoBook S mengalahkan harganya?

Makanya, yuk kita simak, Review ASUS VivoBook S: Kinerja mengalahkan Harga

Desain ASUS VivoBook S

Dari tampak luar, ASUS membalut laptop ringkasnya dengan bodi alumunium berwarna Icicle Gold yang membuat bobot dari laptop ini hanya sekitar 1,5 Kg yang tentunya ramah untuk bahu pengguna ketika dibawa kemana-mana. Ketebalan yang hanya 17,9 mm membuat VivoBook S begitu ramping dan eye catching.
ASUS VivoBook S Review Kinerja mengalahkan Harga fashionable
Eye catching, mewah, fashionable

Performa ASUS VivoBook S (S510UQ)

Nah sekarang mari kita bahas jeroan laptop powerfull ini, dimulai dari

1. Prosesor

Dipersenjatai prosesor Intel® Core™ i5 7200U (generasi ke-7) dan memiliki kode Kaby Lake, ASUS VivoBook S diharapkan dapat memberikan pengalaman luar biasa untuk penggunaan sehari-hari, seperti "office work", browsing, menonton video, dan editing foto/video. Peningkatan clock speed sebesar 300 MHz dibanding prosesor sebelumnya (intel core i5 6200U), perbaikan dalam proses memutar video beresolusi tinggi hingga Ultra HD (4K), dan runtimes battery yang lebih lama saat memutar file Ultra HD, serta Intel HD Graphics 620 adalah sederet fitur yang disematkan dalam prosesor generasi terbaru Intel ini untuk membantu memuaskan pengguna. Ketersendatan dalam pekerjaan sehari-hari akan jarang ditemui, manajemen daya juga akan lebih baik.
Prosesor handal Intel® Core™ i5 Generasi ke-7 (Ilustrasi: Sumber)
Walaupun hanya memiliki 2 inti (dual core), namun teknologi Hyper Threading dari Intel membuat kinerja prosesor ini lebih efisien.

2. Kartu Grafis NVIDIA® GeForce 940MX with 2GB GDDR5 VRAM

Penyematan kartu grafis bersrsitektur Maxwell pada ASUS VivoBook S ini untuk menemani Intel HD Graphics 620 yang tertanam pada prosesor membantu sistem dalam menjalankan pekerjaan berat dalam bidang grafis, seperti game dan multimedia. Walaupun belum cukup untuk menjalankan game berat dengan resolusi full HD, Grafis kelas menengah ini sudah lebih dari cukup untuk mengedit video ala Youtuber, editing foto ala fotografer, ataupun buat kamu para blogger.

Ketika bosan, game dengan settingan resolusi medium (untuk game berat) akan cukup menemani kamu.

3. HDD+SSD (Hybrid Storage)

Udah pada tahu kan, sama yang namanya SSD (Solid State Drive)? Modul penyimpanan yang sudah dikenal jauh lebih kencang daripada Hard Disk Drive ini sangat berguna buat kamu yang mau proses kerja di komputer kamu serasa lebih instan dan mulus. Apalagi dikombinasikan dengan RAM, grafis, dan prosesor yang tepat, kerjaan kamu bakalan wuush wuush wuush deh. 

Gimana caranya biar bisa wuush wuush gitu? Gini, untuk aplikasi-aplikasi yang sering kamu gunakan dan kinerjanya agak berat, kamu install di SSD, seperti OS kamu (umumnya Windows), aplikasi editing foto/video kamu, dan aplikasi lainnya yang sering kamu gunakan dan kamu anggap perlu kecepatan yang lebih. Sisanya, kamu install di HDD, ya.
ASUS VivoBook S Review Kinerja mengalahkan Harga hybrid storage
ASUS mengadopsi teknologi Hybrid Storage, cepat dan leluasa jadi satu
Kombinasi HDD dan SSD yang disematkan di dalam ASUS VivoBook S akan sangat membantu untuk kinerja, maupun penyimpanan data kamu. SSD memberikan kecepatan, dan HDD memberikan keleluasaan dalam penyimpanan data. Nggak perlu pusing nyimpen foto selfie kamu yang bejibun, nyimpen drakor kamu yang panjang kayak telenovela, atau nyimpen project video kamu yang jadi Youtuber. 1 TB cukup untuk menyimpan ribuan video/foto kamu, atau ratusan film kualitas HD, lho..

4. RAM 4 GB DDR4 2133 MHz

Karena aplikasi komputer sekarang memakan cukup banyak memori, ASUS telah menyematkan RAM sebesar 4 GB di VivoBook S miliknya ini. RAM sebesar 4 GB yang dikenal sebagai tempat penyimpanan sementara ini akan membantu ASUS VivoBook S menjalankan proses multitasking yang sempurna dan mempercepat kinerja pemrosesan informasi. Apalagi ketika dipadukan dengan kecepatan SSD yang disematkan dalam ASUS VivoBook S (S510UQ) ini, perpaduan yang mematikan, deh.. RAM 4 GB pada notebook keluaran sekarang sudah dianggap sebagai batas minimal, mengingat aplikasi yang semakin boros memori.

Say goodbye to lemot.

5. WiFi kencang dengan modul 802.11ac Wi-Fi

Bosan dengan internet lemot? Dengan modul 802.11ac Wi-Fi (plus dukungan dari provider internet juga), kita bisa menikmati kecepatan internet hingga 867 Mbps, lho atau 6x lebih cepat dibandingkan modul lama 802.11n Wi-Fi. Nggak khawatir internet atau sharing data lambat karena WiFi yang ada pada ASUS VivoBook S ini sudah mendukung teknologi terkini.

Performa jeroan udah, sekarang ke performa yang kelihatan dari luar, dimulai dari

6. Keyboard Backlit
Kinerja mengalahkan Harga: Review ASUS VivoBook S keyboard backlit
Keyboard ASUS dengan backlit: nyaman dan ergonomis
Seperti yang disematkan di banyak produk laptop High End, notebook ASUS VivoBook S (S510UQ) ini nggak kalah untuk urusan backlit yang ditanamkan pada setiap bagian dari keyboard. Mengetik dalam kondisi temaram jadi nggak repot memicingkan mata, atau repot meraba-raba, bisa-bisa salah pencet. Hehehe.. Travel distance 1,4 mm, menjadikan keyboard ASUS VivoBook S terasa nyaman untuk mengetik. Jaraknya yang tidak terlalu rapat juga memudahkan kita membersihkan keyboard jika terkena debu.

7. Keamanan (Fingerprint)
Kinerja mengalahkan Harga: Review ASUS VivoBook S fingerprint sensor
Fingerprint sensor
Di dekat keyboard ada yang namanya trackpad, buat usap-usap jari kesana-sini. Selain nyaman dan mudah digunakan, di trackpad-nya ASUS VivoBook S juga sekaligus ditanamkan modul fingerprint buat keamanan laptop kita, nih. Jadi, kalo (naudzubillah) laptop kita dicuri atau hilang, data kita masih tetap aman karena pengguna baru tidak bisa masuk ke OS tanpa sidik jari kita. Serba canggih kan?
8. Konektivitas ASUS VivoBook S

Beralih ke kanan dan ke kiri laptop, disana kita bisa melihat beberapa port yang disediakan ASUS untuk memudahkan kita.

Ada card reader, ada port HDMI, ada port USB 3.1 type C, 3.0 dan 2.0, plus port mikrofon dan audio. Semua itu disediakan ASUS untuk memudahkan kita terhubung dengan "dunia lain". Kita bisa mentransfer data yang kita butuhkan dengan lebih cepat dan beragam format penyimpanan (HD eksternal, flash disk, SD Card, Smartphone, dll). Selain itu, port HDMI memudahkan kita terhubung ke beberapa perangkat penampil lainnya, seperti proyektor dan TV layar lebar.

9. Audio with SonicMaster
Kinerja mengalahkan Harga: Review ASUS VivoBook S SonicMaster Audio
Audio jernih dengan teknologi SonicMaster dari ASUS
Hiburan nggak lengkap rasanya tanpa suara, kecuali kamu lagi nonton Charlie Chaplin >.< Sistem audio yang disematkan ASUS plus teknologi bernama SonicMaster yang mengkombinasikan hardware, software, dan penyetelan audio memberikan suara yang jernih sehingga suara yang keluar benar-benar asli. Jadi yang suka nonton ata yang suka bikin video, akan sangat terbantu sama audio dengan teknologi SonicMaster yang ada di ASUS ini.

10. Display ASUS VivoBook S (S510)

Ada beberapa teknologi ASUS yang disematkan dalam display laptopnya. NanoEdge bezel, bezel super tipis (7,8 mm) membuat rasio layar dan body laptop mencapai 80%. Display 15,6 inch full HD pun bisa masuk ke dalam bingkai laptop ukuran 14 inch yang menjamin laptop tetap nyaman dibawa dan ditenteng. Teknologi wide-viewing angle ala ASUS yang mencapai 178° menjamin kita masih bisa melihat layar dengan jelas dari kanan-kiri-atas-bawah.
Kinerja mengalahkan Harga: Review ASUS VivoBook S ASUS Splendid dan ASUS Tru2Life
Teknologi ASUS Splendid dan ASUS Tru2Life untuk Foto dan Video menakjubkan
Terus, ada lagi teknologi ASUS Splendid dan ASUS Tru2Life. ASUS Splendid memungkinkan kita mendapat visual terbaik dengan melihat warna yang akurat dari dokumen yang ditampilkan. Selain itu, 4 mode yang disediakan ASUS juga membantu mode penglihatan yang kita inginkan, seperti mode Normal untuk kerja sehari-hari, mode Vivid untuk mengoptimalkan kontras, mode Eye Care untuk mengurangi kelelahan mata akibat kerja jangka panjang, hingga mode manual untuk penyesuaian warna sesuai tujuan kita.
Kinerja mengalahkan Harga: Review ASUS VivoBook S NanoEdge bezel
NanoEdge Bezel, layar lebar, tetap ringkas
Sedangkan ASUS Tru2Life mengoptimalkan ketajaman dan kontras pada setiap piksel video yang kita mainkan, sehingga tampilan video di layar ASUS VivoBook menjadi lebih realistis dan sangat nyaman untuk dinikmati. Jadi serasa di bioskop, deh..

11. Sumber Daya (baterai)

Hakikat laptop sebagai produk yang mobile, rasanya nggak lengkap tanpa manajemen daya dan sumber daya yang mumpuni. Baterai Lithium Polymer dengan dukungan ASUS Battery Health membuat ASUS VivoBook bisa bertahan lebih lama dari segi memasok daya, maupun ketahanan baterai itu sendiri. Ditanamkannya fitur Quick Charge yang bisa mengisi hingga 60% baterai dalam waktu 49 menit sangat membantu di era serba "rebutan stop kontak" ini.
Kinerja mengalahkan Harga: Review ASUS VivoBook S IceCool Technology dan Fast Charging
Sumber daya handal dibantu IceCool Technology
Kombinasi baterai awet dan ASUS IceCool Technology juga membuat temperatur laptop bisa terjaga hingga rata-rata hanya 35°C, lebih rendah dari suhu tubuh kita sendiri. Teknologi membuang panas yang tepat membuat kinerja komputasi lebih lancar, plus menjaga ketahanan komponen di jeroan ASUS VivoBook S ini.

12. Garansi dan Tes Ekstrim

Laptop bagus, tapi 1-2 bulan dipake error, dan klaim garansi malah disuruh nambah biaya? Kekhawatiran itu tidak akan terjadi lagi kalo kita membeli produk ASUS VivoBook S (S510UQ) ini. Harga penebus Rp 9.799.000,00 yang dicantumkan untuk ASUS VivoBook S ini sudah termasuk garansi hardware global dan pengetesan produk ekstrim yang dilakukan ASUS, dari mulai Tes Tekanan, Tes Engsel, Tes Bising, Tes Goncangan, Tes Port, Tes Jatuh, Tes Temperatur, hingga Tes Pelintir. Jadi produk yang dikeluarkan ASUS udah terjamin kehandalannya. Permasalahan yang sering dijumpai di bagian engsel laptop atau display yang bermasalah akibat hanya sedikit goyangan atau tekanan menjadi jauh berkurang probabilitasnya.

gambar Engsel

13. Operating System (OS)

Walaupun ASUS merekomendasikan Windows 10 Pro (yang dapat dibeli terpisah) sebagai sistem operasi untuk VivoBook S ini, namun ASUS telah menyematkan Endless OS pada VivoBook S. Menurut info yang tercantum pada daily social, Endless OS merupakan sistem operasi gratis berbasis Linux yang telah menanamkan lebih dari 100 aplikasi yang sudah dapat menunjang kinerja kita sehari-hari, seperti belajar, berkerja, dan bermain. Semua tanpa memerlukan akses internet sama sekali. Sangat membantu kan?
ASUS VivoBook S Review Kinerja mengalahkan Harga Endless OS
Endless OS: belajar, bermain, bekerja (Ilustrasi: Sumber)
Nah, dengan kinerja handal, prosesor gahar, dan fashionable, bener nggak sih, Kinerja ASUS VivoBook S mengalahkan Harga? Coba hitung-hitungan sedikit yuk, berdasarkan harga pasar (*beberapa harga merupakan perkiraan pasar, karena tidak tercantum/belum tersedia di pasaran):

Intel® Core™ i5 7200U: US$ 281 =
Rp 3.793.500,00 (kurs US$ 1 = Rp 13.500,00)
NVIDIA® GeForce 940MX: N/A; perkiraan US$ 100 =
Rp 1.350.000,00
SSD 128 GB =
Rp 850.000,00
HDD 1 TB =
Rp 900.000,00
RAM 4GB DDR4 =
Rp 690.000,00
Keyboard Backlit =
Rp 500.000,00
Display =
Rp 1.300.000,00
Baterai + charger =
Rp 700.000,00
Garansi 2 tahun hardware global =
Rp 900.000,00
Endless OS =
free (gratis)

Total = Rp 10.983.500,00 
(belum termasuk biaya lainnya, seperti modul yang belum tercantum, pengembangan, perakitan, biaya tes, dan pengalaman memuaskan ketika menggunakan ASUS)

Harga ASUS VivoBook S (S510UQ): Rp 9.799.000,00.

Waow, dari beberapa aspek aja, udah kelihatan kan, kinerja yang mengalahkan harganya? Nah, working people, jadiin aja ASUS VivoBook S ini sebagai teman setiamu, karena menurut ASUS VivoBook S Review ini: Kinerja mengalahkan Harga, lho... :D

Info spesifikasi lengkap: Spesifikasi ASUS VivoBook S (S510UQ)
Info artikel dan gambar: ASUS VivoBook S (S510UQ)
Video Preview ASUS VivoBook S (*versi yang sedikit berbeda pada prosesor dan penyimpanan)

You Might Also Like

2 comments

  1. keren bang, izin save salah satu gambarnya ya ban buat review makasih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan bang, jangan lupa ya, cantumkan sumber ;)

      Hapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Cari HP?