Langkah demi Langkah Meraih Impian with ASUS for Everyone

18.30

Blog Competition ASUS AMD - Laptop for Everyone by bocahrenyah.com
Blog Competition ASUS AMD - Laptop for Everyone
"Raihlah impianmu walau sampai ke Negeri Cina"

Mungkin itu adalah modifikasi pepatah yang saya buat sendiri agar saya selalu semangat mengejar impian saya. Harusnya sih pepatahnya gini ya:

"Carilah ilmu walau sampai ke negeri Cina"

Yak, impian dan impian. Pasti, orang di dunia ini kan selalu memiliki impian. Tapi ada kalanya impian itu terwujud, ada kalanya impian itu terhenti di tengah jalan, ada kalanya impian itu juga diganti menjadi impian yang lebih realistis oleh Yang Maha Kuasa.

Saya merupakan salah satu orang yang memiliki impian. Menjadi seorang FOTOGRAFER dan memiliki STUDIO FOTO sendiri. Impian itu saya rintis sedikit demi sedikit sejak saya mengenal kamera smartphone, yang baru saya miliki mulai tahun 2010. Teman-teman kuliah yang sering menenteng DSLR saat itu saya anggap sangat keren dan menjadi pusat perhatian cewek-cewek >.< Sementara itu saya... Hmmmm...

Tapi saya tidak putus asa mengejar impian saya. Dibantu juga oleh hobi traveling yang suka kesana-kesini naik motor, bahkan nggak jarang solo traveling plus travel blogging (baca travel blog saya disini), saya malah membeli tripod terlebih dahulu yang saya sandingkan dengan smartphone untuk foto selfie saat di lokasi wisata.
Kambuna Story: ASUS X555QG impian selangkah demi selangkah
Amunisi foto yang dibeli selangkah demi selangkah
The real camera pun akhirnya terbeli di tahun akhir tahun 2016. Dimulai dari foto nggak fokus, foto terlalu gelap, hingga foto terlalu terang menghiasi hasil foto saat awal memiliki kamera. Selama mempelajari settingan kamera, melalui tutorial video yang saya lihat, saya menyadari bahwa ternyata editing foto itu juga penting. Jadilah saya harus sering-sering membuka software editing foto macam Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom. Selain itu, saya pun sedikit demi sedikit juga mempelajari software pengolah video seperti Wondershare Filmora.

Tapi, ketika saya membuka aplikasi-aplikasi itu, sering terdengar suara nggggiiiiiiingggg dari laptop saya, yang ternyata berasal dari kipas laptop. Hehehe.. Dilihat dari task manager, prosesor laptop sering bekerja keras dan kerja maksimal sampai 100%. Hmmm..jadi nggak tega. Tapi saya lebih nggak tega kalo kerjaan saya jadi molor dan terbengkalai karena kursor laptop bolak-balik muter-muter doang. Ujung-ujungnya, not responding. -_- Ya sebenernya saya maklum juga sih, laptop saya udah berumur, udah 10 tahun dengan prosesor dual core versi yang sangat lawas.
Kambuna Story: ASUS X555QG Laptop for Everyone laptop lawas
Laptop lawas udah kayak kipas angin
Kayaknya harus ngelirik perangkat baru deh, biar langkah meraih impian terus maju. Hmmm.. Laptop apa ya, yang kira-kira enak buat editing foto dan video, tapi enak juga di kantong, terus, bisa tahan lama, paling nggak 10 tahun juga (banyak banget sih, pengennya :P). Menjadi "fotografer"nya kan bisa dibilang udah hampir diraih, nah giliran punya studio foto dan perangkat editingnya yang belum.

Browsing sana-sini, kayaknya ASUS X555QG dengan tagline-nya Laptop for Everyone cocok jadi teman baru saya meraih impian.
Kok bisa? Yuk kita kupas kayak kulit kacang. :D
Kambuna Story: ASUS X555QG dengan AMD 7th generation dan dual graphics
ASUS X555QG: AMD 7th Generation & Dual Graphics Technology (sumber: amd.id)
Amunisi selanjutnya? :D
1. Saya mencari laptop dengan prosesor dan grafis yang kuat untuk editing foto dan video

ASUS X555QG disokong oleh prosesor AMD A10 APU (Accelerated Processing Unit) generasi ke-7 dengan sandi Bristol Ridge. Selain itu, integrasi AMD Radeon™ R5 Graphics + Radeon™ R6 M435DX Dual Graphics with 2GB DDR3 VRAM membuat duet prosesor dan grafis tersebut dipastikan bisa mengangkat kinerja aplikasi pengolah foto dan untuk rendering video sehingga performanya menjadi dahsyat. Jangan lupa juga sokongan RAM sebesar 4 GB yang masih bisa di-upgrade.

2. Saya mencari laptop dengan layar yang nyaman buat berlama-lama editing foto dan video

Laptop keluaran terbaru yang beredar di pasaran, kebanyakan memiliki bentang layar 14 inch. Kalaupun ada yang 15 inch, kadang malah membuat dilema, karena:
a. Harga masuk di kantong, tapi spesifikasi nggak masuk buat kebutuhan saya
b. Spesifikasi sesuai kebutuhan, eh...harganya selangit, nggak masuk di kantong
Kambuna Story: ASUS X555QG dengan ASUS Splendid dan konektivitas lengkap
Layar Besar, Warna Tajam, Konektivitas Lengkap
Nah, ASUS X555QG nggak membuat saya larut dalam dilema, karena spesifikasi layar 15,6 inch yang nyaman buat editing, ditambah teknologi ASUS Splendid yang membuat warna dan temperatur warna hasil bidikan kamera menjadi akurat (yang sangat penting untuk editing foto). Jadi nggak "sepet" matanya kalo harus editing foto lama-lama. Eh,, tapi walau layarnya besar, ASUS X555QG bobotnya cuma 2,2 Kg, lho..

3. Saya mencari laptop dengan konektivitas lengkap untuk mendukung proses pengolahan foto atau video saya

Enaknya sih, kalo udah punya studio foto sendiri nanti, njepret modelnya sambil di-tethering ke laptop. Nah, untuk itulah konektivitas dengan perangkat lain menjadi penting, termasuk urusan kecepatan transfer data. USB 3.0 milik ASUS X555QG menjamin transfer data via USB menjadi ngebut, VGA port juga tersedia. HDMI nanti diperlukan kalo mau menampilkan hasil project ke tempat lain, TV ukuran layar besar misalnya. Plus udah include 3 in 1 card reader dan port RJ-45 untuk internet kabel (kali aja nanti udah terkenal, terus punya channel Youtube sendiri, kan harus punya internet kenceng :p).

4. Saya mencari laptop yang enak dibawa kemana-mana, dan untuk editing on site

Kalo udah terbiasa, untuk editing foto/video lebih mudah menggunakan kombinasi shortcut pada keyboard, seperti Ctrl + S untuk Save Project, Ctrl + G untuk Grouping Layer, dan lain sebagainya. Untuk itulah dibutuhkan keyboard yang ergonomis dan touchpad yang nyaman digunakan. 1,6 travel key distance pada keyboard ASUS X555QG dan teknologi smart gesture multi touch yang ditanamkan pada touchpad-nya, membuat ASUS X555QG nyaman untuk editing dimanapun dan kapan pun. Tinggal swipe sana, geser sini, perintah-perintah yang saya inginkan bisa mudah dieksekusi. Nggak repot bawa-bawa mouse.
Kambuna Story: ASUS X555QG dengan keyboard ergonomis, kuat, dan tahan lama
Enak dibawa, nyaman digunakan, handal
Kalo memang darurat dan butuh editing video outdoor pun, ASUS menyediakan SonicMaster dan Audio Wizard yang memastikan hasil suara video saya mudah didengar dan tetap jernih. Long life battery juga siap menemani kalo saya harus membawa dan menggunakan laptop di luar ruangan, tanpa colokan listrik.

Ngomong-ngomong tentang dibawa kemana-mana, pasti banyak yang khawatir kalo sering bawa laptop kesana kemari. Nggak perlu khawatir, setiap produk ASUS yang dilempar ke pasaran, udah melewati serangkaian pengujian ekstrim, mulai Tes Abrasif, Tes Kebisingan, Tes Tekanan, Engsel, Goncangan, dan masih banyak lagi. Jadi aman deh, karena saya termasuk orang yang mobile.

5. Yang paling penting nih: saya mencari laptop yang fiturnya lengkap, plus harga masuk di kantong

Persis kayak di point 2: spek laptop yang diinginkan nggak selalu sejalan dengan budget yang ada di kantong. Tapi, ASUS X555QG ini beda. Pada umumnya, untuk kelas menengah, budget yang tersedia biasanya di atas 6 juta dan di bawah 10 juta, tergantung spesifikasi yang diinginkan. Nah, saya bisikin nih, dari katalog resmi ASUS di akhir tahun 2017, untuk spesifikasi yang saya inginkan di atas, harga ASUS X555QG dengan AMD® Bristol Ridge A10-9600P Processor mulai Rp 7.299.000,00 (DOS)*, sementara untuk "kakaknya" dengan AMD® Bristol Ridge A12-9700P Processor harganya mulai Rp 8.099.000,00 (DOS)*. Semua udah termasuk 2 tahun garansi global senilai Rp 1.250.000,00! Waow... Laptop for Everyone banget, kan?

Cocok banget kan, sama kantong. Saya kasih bocoran nih, kalo di toko komputer, biasanya harganya lebih rendah dari itu, lho.. :D
Kambuna Story: ASUS X555QG are Laptop for Everyone
Kesimpulan: ASUS AMD adalah Laptop for Everyone
Satu tips lagi, dengan budget segitu dan spek yang ada, ASUS X555QG dengan tagline Laptop for Everyone-nya, merupakan laptop yang cocok  untuk Gaming dan Multimedia. Biasanya kan suka bingung nih, nyari di Google. Nggak usah repot cari referensi sana-sini. Buat pelajar dan mahasiswa, cocok banget kalo pake laptop ASUS X555QG ini.

Tripod udah, kamera udah, flash udah, laptop pengganti saya targetkan tercapai di tahun 2018 ini. :D
Kambuna Story: ASUS X555QG Laptop for Everyone amunisi baru studio foto
Amunisi baru studio foto
Update (17 Januari 2018): langkah meraih impian saya semakin dekat, dengan terbelinya seperangkat alat sholat, eh alat studio sederhana (softbox, lightstand, dan wireless trigger).

Semoga jika penggantian laptopnya bisa terpenuhi di 2018 ini, di 2019 nanti udah bisa buka studio foto sendiri dan menjadi fotografer sejati, deh..

Semoga lomba dari Blog Competition ASUS AMD ini bisa membantu terwujudnya impian saya, ya.. :D

Buat temen-temen yang juga sedang mengejar impian, jangan takut memiliki impian, teruslah berusaha menggapai impian itu, ya. :)

* = harga tergantung spesifikasi, bisa berbeda-beda
Sumber foto: ASUS & AMD Indonesia
Kredit pengolah ilustrasi: Canva

Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com

You Might Also Like

4 comments

  1. Terima kasih telah ikut Blog Competition ASUS AMD - Laptop for Everyone. Good luck ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Uniek, makasih juga udah ngasih kesempatan buat ikut kompetisinya ASUS-AMD :D

      Hapus
  2. Amunisi untuk memenuhi kebutuhan traveling komplit banget. Kalo sudah begini, pasti tambah semangat untuk nulis artikel traveling ya mas?! Good luck ya. Eh BTW saya juga ikutan loh, yuk ah mampir sejenak dan ninggalin jejak di artikel lomba Asus ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, bener banget tuh.. Jadi semangat buat ngurus blog sama mengejar cita-cita jadi fotografer, hehe

      Okee..siap mampiiir.. :D

      Hapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Cari HP?