Let's Go Limitless with Smartfren 4G LTE Advanced Technology #GoForIt

10.00

Apa yang Anda ingat pertama kali ketika mendengar nama salah satu operator seluler di Indonesia, yaitu Smartfren?

Mungkin sebagian besar dari orang Indonesia akan menjawab: "CDMA". Ya, memang Smartfren adalah salah satu operator seluler Indonesia yang masih setia dan eksis melayani pelanggannya melalui kanal CDMA, di tengah gempuran operator seluler berbasis jaringan GSM. 
Smartfren 4G LTE Advanced Go for It Jaringan cepat, luas, dan stabil
Smartfren 4G LTE Advanced (foto courtesy: Smartfren)
Namun, tampaknya Smartfren tidak mau berdiam diri dan stuck di zona nyaman dengan hanya memberikan layanan CDMA kepada pelanggannya. Konsumsi data dan kebutuhan akses internet yang meningkat pesat di Indonesia, membuat Smartfren menjadi salah satu pioneer penyedia layanan internet cepat berbasis 4G LTE Advanced yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari teknologi data 4G. Teknologi Smartfren 4G LTE Advanced memberikan pelanggan kecepatan unduh hingga mencapai 300 Mbps, lho.. Tapi tergantung sarana dan prasarananya, sih.

Hasil tes di beberapa daerah menunjukkan, teknologi 4G LTE dari Smartfren memberikan kecepatan download hingga 23 Mbps (daerah Bandung, sumber: Tabloid Pulsa) dengan rata-rata 9 Mbps ketika dicoba di beberapa lokasi. Bahkan mungkin bisa lebih di daerah lain, begitupun dengan hasil di daerah lainnya yang bisa kurang dari itu. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa kecepatan download yang diberikan Smartfren melalui kanal 4G nya, bisa melebihi kecepatan rata-rata internet di Korea Selatan yang dikenal sebagai Negara dengan koneksi internet tercepat di dunia (kecepatan 22,2 Mbps, data kuartal IV tahun 2014. Sumber: Kompas Tekno).

Kalo kecepatan upload-nya gimana? Kecepatan upload Smartfren masih di bawah kecepatan download nya itu sendiri jika melihat hasil yang dilakukan di Bandung (sekitar 8 Mbps. Sumber: evisrirezeki).

Lho, kok gitu?

Pihak Smartfren menyebutkan, mengamati tren yang berkembang tentang penggunaan internet di Indonesia, orang Indonesia yang didominasi golongan muda, banyak memanfaatkan internet untuk streaming musik, video, dan browsing, sehingga dibutuhkan kecepatan download yang tinggi melebihi kecepatan upload. Pihak Smartfren pun memutuskan mengadopsi dua standar teknologi dalam menyediakan Smartfren 4G LTE Advanced yang memiliki tagline "Go Limitless" dan "GoForIt" untuk menyediakan internet cepat di Indonesia, yaitu teknologi TDD (Time Division Duplex) dan FDD (Frequency Division Duplex). Teknologi TDD memberikan akses internet download cepat, sedangkan FDD memberikan coverage area (cakupan area) yang luas untuk layanan data internet. Karena, buat apa sih internet cepat kalo cuma bisa dinikmati di beberapa lokasi saja?

Coverage area layanan Smartfren 4G LTE Advanced ini sudah mencakup 22 kota di Indonesia, lho, jadi jangan takut nggak kebagian jatah, walaupun pasti sulit untuk memberikan jangkauan ke seluruh daerah di Indonesia. Tapi, Smartfren akan terus mengembangkan layanannya, kok.

Udah dijelasin teknologinya, terus manfaatnya buat apa lagi dong?

Oke, yuk kita liat manfaatnya. Internet cepat dari Smartfren ini akan "menyengat" sendi kehidupan di Indonesia yang mulai menggeliat dalam memanfaatkan teknologi dan internet sebagai sarana eksistensi diri, menghapus dahaga ilmu, dan perekonomian masyarakat. Let's make a limitless life with Smartfren 4G LTE Advanced.
Smartfren Go Limitless Life, Make A Smart World
Go Limitless Life, Make A Smart World (foto courtesy: Smartfren)
Dunia Teknologi

Akses internet cepat memberikan kreatifitas lebih kepada masyarakat untuk mencari segala info dan ilmu yang ada di internet.

Contohnya, mahasiswa. Banyak kampus yang mulai memanfaatkan internet dalam membagikan bahan ajar, mencari data dan penelitian sebagai referensi, bahkan kuliah online saat dosen sedang berhalangan.

Ingat ojek online? Ide kreatif membuat ojek go online juga muncul dengan memanfaatkan akses internet yang semakin luas di kalangan masyarakat.

Industri Musik dan Industri Kreatif

Industri musik dan kreatif (film, khususnya) sering menghadapi musuh bebuyutannya, yaitu pembajakan. Internet cepat yang membuat streaming tidak lagi "mengerikan" dengan buffering-nya (yang sering diplesetkan menjadi bapering, hehe) dapat dimanfaatkan musisi dalam industri musik untuk menjajakan karyanya secara online, sehingga tidak memerlukan biaya tinggi untuk produksi kaset, CD, dan sebagainya. Hal ini telah diterapkan di luar negeri seperti aplikasi iTunes milik Apple. Nantinya, musisi akan mendapatkan royalti dari pembelian lagu mereka.
Smartfren Let's Go Limitless, and just Go for It
Let's Go Limitless, and just Go for It (foto courtesy: Smartfren)
Memanfaatkan tren meningkatnya streaming video juga banyak dimanfaatkan artis dan pelaku usaha untuk menghasilkan karya seni dan memasarkan usahanya. Banyaknya penonton yang melihat video yang dibuat, bisa menghasilkan uang bagi pencipta karya tersebut. Istilahnya "monetize" kalau di Youtube. Menonton film dengan sistem "membeli tiket" untuk streaming di smartphone juga mulai marak. Lebih murah dari menonton di bioskop dan kualitas lebih baik.

Lifestyle

Munculnya golongan dan komunitas hijabers, travel blogger, foodgram lovers, dan komunitas lainnya tidak lepas dari semakin luasnya akses internet dan kecanggihan smartphone di masyarakat. Masyarakat sekarang cenderung mengabadikan momen yang didapatnya, untuk kemudian dibagikan via aplikasi yang tentunya membutuhkan akses internet cepat dan stabil.

Traveler tidak perlu takut tersesat karena bisa memanfaatkan Maps yang dapat diakses menggunakan internet, foto perjalanan pun dapat langsung di-share di blog, ataupun akun media sosial. Cari info lokasi wisata? Pesan hotel? Tinggal klik sana, klik sini, asal ada internet, beres. 
Beberapa komunitas yang muncul, Instagram-ers, berkat dukungan internet cepat yang semakin merata

Instagram-ers, yang sebagian menjadi ajang berkumpulnya komunitas seperti pecinta kopi, pecinta fotografi, pecinta jalan-jalan, sampai pecinta busana juga banyak terbantu dengan akses internet cepat dan luas dari Smartfren. Mereka semakin eksis dengan komunitas mereka.

Belanja online yang seakan sudah menjadi lifestyle sangat menguntungkan pelaku usaha dan konsumen dengan meratanya akses internet.

Video call tanpa terputus sangat didambakan oleh LDR Lovers. Yang jauh semakin dekat, yang dekat semakin dekat. Selama ini saya juga merasakan sulitnya streaming/video call dengan lancar menggunakan beberapa operator telekomunikasi di Indonesia. Akses internet yang ada masih belum stabil. 


Untuk itulah Smartfren membawa teknologi 4G LTE Advanced ini ke Indonesia.

Tapi apa gunanya teknologi 4G kalo gadget kita tidak mendukung teknologi 4G itu?

Tenang, Smartfren selalu memberikan solusi. Masak cuma menyediakan teknologi tapi nggak ngasih sarananya? Dalam rentang waktu yang tidak berjauhan, sebelum resmi meluncurkan teknologi 4G LTE, Smartfren telah terlebih dahulu meluncurkan beberapa gadget yang mendukung kecepatan akses internet 4G, mulai dari Smartphone untuk berbagai segmen masyarakat, sampai Modem khusus yang dinamai MiFi untuk mendukung akses internet 4G pelanggan dimana saja.
Smartphone Anyar besutan Smartfren yang mendukung teknologi 4G LTE Advanced
Smartphone Andromax anyar besutan Smartfren yang mendukung teknologi 4G LTE Advanced (foto courtesy: Smartfren)
Modem 4G LTE Smartfren MiFi Andromax
Modem 4G LTE Smartfren MiFi Andromax (foto courtesy: Smartfren)
Hadirnya teknologi Smartfren 4G LTE Advanced diharapkan menjadi solusi dan jawaban dari semua permasalahan dan kebutuhan akses internet di Indonesia.

Pada akhirnya, apa yang paling penting dari akses internet di Indonesia? Sepertinya kutipan kalimat dari salah satu petinggi Smartfren saat Drive Test layanan Smartfren 4G LTE di Bandung ini perlu jadi acuan (sumber: Tabloid Pulsa):

"Kecepatan atau speed itu bukan sesuatu yang harus menjadi patokan utama. Speed dipandang perlu, tapi juga kestabilan jaringan serta keluasan coverage-nya. Kita (Smartfren) yang riil-riil sajalah, yang biasa-biasa saja, sudah cukup cepat, stabil lagi, dan luas", ujar Munir Syahda Prabowo (VP Network Smartfren Telecom) di Bandung, (10/09/2015).

Tags: #4G,#4GLTE,#Smartfren4G,#Smartfren4GLTEAdvanced,#Smartfren

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Banyak Promo Lho...