Ternyata... Polygon 100% Made in Indonesia!

20.30

Saya awalnya tertegun, ketika membaca artikel yang di-share oleh Facebook Fanspage Pameran Produksi Indonesia, tentang 5 Brand Asli Indonesia yang Sukses Mendunia. Disitu dicantumkan merek-merek seperti GT Radial, Polytron, hingga Polygon. Ha? Polygon?? Iya, Polygon, merek sebuah sepeda yang malang-melintang di Indonesia. Saya tidak menyangka jika Polygon itu produk Indonesia, saya kira merek dari luar negeri.

Saya mulai mengenal Polygon sejak menginjak usia SMP. Saat itu sepeda Polygon tipe keranjang (saya kurang tahu jenis-jenis sepeda), sepeda cewek kalo anak-anak bilang, membanjiri sekolah-sekolah. Banyak teman saya menggunakan sepeda tersebut, mulai menyaingi sepeda cewek merek Phoenix yang sudah terkenal sebelumnya.

Saya pun mulai tertarik untuk menggunakan Polygon, setelah sebelumnya menggunakan sepeda warisan ayah saya yang ukurannya lebih besar dari badan saya saat itu. Hehehe.. Akhirnya saya dibelikan sepeda Polygon Premier pada tahun 2004. Betapa senangnya saya saat itu.
Sepeda Polygon Premier Saya. I love it.
Kita dapat menilai kualitas sebuah sepeda, diantaranya dari material yang digunakan, utamanya rangka/frame sepeda. Sepeda yang baik, memiliki ketebalan rangka yang baik pula, begitu pula kualitas sadel, karet pegangan tangan di stang, ataupun rem dan gear yang digunakan. Dari semua hal itu, kita dapat mengetahui bahwa Polygon merupakan sepeda berkualitas baik. Memang, harga sering menentukan kualitas, dan Polygon pun demikian. Dengan grade yang lebih tinggi, Polygon yang merupakan produk dalam negeri memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dari sepeda pada umumnya, walaupun tetap terjangkau. Saya malah lebih setuju harga sedikit lebih tinggi dengan kualitas terjamin, daripada harga sangat murah tapi kualitas jelek.

Polygon adalah produk kreatif Indonesia buatan PT Insera Sena yang bermarkas di Desa Wadungasih, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur. Selain membuat sepeda merk Polygon, PT Insera Sena juga memenuhi pesanan perakitan sepeda merek terkenal di luar negeri seperti Scott dari Belgia, Raleigh (Inggris), dan Berg (Portugal). Memang, sisi ekspor malah memiliki porsi lebih banyak dari produk yang dihasilkan PT Insera Sena dibandingkan sisi pemenuhan kebutuhan domestik. Porsinya 60% untuk ekspor vs 40% untuk domestik. Tapi itu bukan berarti PT Insera Sena tidak cinta Indonesia, lho. Kita malah harus bangga, produk asli Indonesia menjadi pemasok sepeda bermerek terkenal di luar negeri. Porsi ekspor yang lebih tinggi ini juga disebabkan karena budaya Gowes di manca lebih bergaung, lebih familiar, bahkan telah menjadi gaya hidup disana. Hal inilah yang menjadi incaran PT Insera Sena melalui Polygon. Perusahaan tersebut ingin membuat masyarakat Indonesia juga menjadikan bersepeda sebagai gaya hidup, menjadi lebih sehat sekaligus mengurangi polusi di Indonesia, terutama di kota-kota besar.

Yang saya suka dari Polygon adalah inovasi tiada henti, seperti kutipan ucapan dari salah satu petinggi Polygon bahwa "Produk kami sangat fokus pada teknologi dan kualitas daripada sekedar memproduksi dalam jumlah yang banyak". Perkataan tersebut memberikan indikasi bahwa Polygon tidak cuma memperhatikan untung, tapi juga kepuasan konsumen dan teknologi terkini. Ini nih, yang harus ditiru oleh pengusaha di Indonesia, mulai level terkecil seperti UKM, hingga level tinggi. Berikanlah dulu kualitas, dan dengan sendirinya produk Anda akan mulai terkenal dan bertahan untuk waktu yang lama.
10 tahun, dan masih nyaman..
Sampai saat ini, sepeda saya masih nyaman untuk digunakan, berarti genap 10 tahun sepeda Polygon saya gunakan tanpa banyak menjumpai masalah besar. Tahan lama, kan? Asal kita juga merawatnya dengan baik ya...

Saya sangat mengapresiasi event seperti Pameran Produksi Indonesia yang diselenggarakan di Bandung, Harris Convention Festival CTLink, 22-25 Mei 2014. Tujuannya tentu untuk membuat produk Indonesia lebih terkenal. promosi produk, hingga akhirnya bisa go international seperti Polygon yang produknya telah tersebar di 17 negara.
Pameran Produksi Indonesia: Mantabbbbb
Bangga nggak, sama produk Indonesia? Produk kreatif Indonesia? Produk dalam negeri tercinta ini?
Harus, doongg.. Nah makanya, kita dukung terus acara seperti Pameran Produksi Indonesia, kita gunakan terus produk asli Indonesia, karena:
Produk Indonesia Mantaaabbbb!

sumber data kutipan dari : http://kisahsukses818.blogspot.com/2013/04/kiat-sukses-pt-polygon.html dan http://hot.yukbisnis.com/motivasi-hari-kebangkitan-nasional/

You Might Also Like

2 comments

  1. Ini polygon premier tipe berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, saya kok lupa yang tipe berapa.. Cz itu awal2 tahun booming Polygon sih..

      Hapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Cari HP?