Memori Masa Kecil: 9 Kenangan Ramadhan di Aceh

12.55

Haloo.. Ketemu lagi di Kambuna Story.. Bulan Ramadhan enaknya nulis apa ya.. Hmmm.. Ngeluarin memori tanah kelahiran lagi, ah.. (Eh, bukan, saya kan lahir di laut :p). Maksudnya tanah tumbuh kembang.. ACEH, yapp..ACEH, yang ceritanya kayaknya nggak habis-habis. Padahal udah beberapa kali diposting di blog saya yang lain, antara lain:


Mungkin beberapa kawan saya masih inget kejadian-kejadian yang nanti saya tulis, terutama pas main bareng di masjid.
Masjid Al-Muntaha, Komplek PT PIM
No. 1-5 nih kegiatan pas teraweh di Masjid, Masjid Al-Muntaha namanya. Di mana sih itu? Masjid Al-Muntaha tuh ada di Komplek Perumahan PT Pupuk Iskandar Muda, Lhokseumawe, Aceh Utara. Dari bayi sampe kelas empat SD saya tinggal disana. Cerita selengkapnya cek link postingan di atas.
Plang Masjid Al-Muntaha
Yuk langsung cek TKP..

1. Aamiiin keras dimarahin

Nah, ini pas sholat teraweh, kalo nggak salah saya masih umur 4-5 tahun gitu.. Ceritanya, pas imam udah sampe lafadz "Waladdhoooolllliiiinn...." terus saya teriak "Aaamiiiin....." super keras. Ngalahin Aamiiin nya yang lain. Pas teraweh kelar sih, masih aman, eh..begitu pulang, dimarahin Bapak. Hahaha..
Dimarahin di tangga masjid pas pulang :p
2. Pindah2 dimarahin

Masih pas teraweh. Pas imam masih 'mbaca Al-Fatihah sama surat pendek, saya pindah-pindah shof terus, kanan-kiri, kanan-kiri, kalo nggak salah, pindah-pindah di sebelah Bang Iqbal sama sapa..gitu satunya. Kan ngeganggu yang lain tuh. Endingnya sama kayak cerita no.satu, dimarahin! :p

3. Main bentengan di halaman dalam masjid

Ini nih yang paling asyik pas sholat teraweh. Main bentengan! Ada yang nggak tau, main bentengan? Wahh..bukan Generasi 90, tuh.. Hehehe.. Saya lupa-lupa inget, entah pas sebelum sholat isya, atau antara jeda sholat isya-teraweh, jadi kita, para bocah, main bentengan di halaman masjid yang luas. Ato kadang kejar-kejaran di halaman belakang Masjid. Asyik bener deh, lari sana lari sini. Endingnya? Di Nomor 4! ahahaha
Halaman tengah dan tempat bedug deket tempat wudhu
View halaman tengah, sayang, semacam "tugu"nya udah nggak ada
 4. Dimarahin Pak Kasim

Sapa sih yang nggak kenal sama Pak Kasim? Anak PIM pasti kenal deh.. Pak Kasim itu satpam di Masjid Al-Muntaha. suka patroli sana-sini nyari bocah. Legendaris deh.. Ahahaha.. Karena suka rame, biasanya kalo ketemu Pak Kasim, pada ciut terus lari deh. Maafin dosa kami ya, Pak! :D

5. Tantangan mukul bedug

Di belakang Masjid Al-Muntaha, ada bedug gede. Jarang dipake sih, paling pas magrib. Kadang kita nantangin anak yang lain, sapa tuh yang berani mukul bedug keras-keras? Nggak lepas dari nomor 4 juga sih. Begitu ada yang mainan bedug, pasti langsung didatengin tuh. Hahahaha...

Nah..kalo yang ini lebih ke kenangan di Komplek PIM, di rumah, atau di lingkungan sekitar.

6. Manjat pohon jambu, makan jambu

Yang ini ceritanya sore-sore pas puasa. Kalo nggak salah waktu itu saya masih kelas 2 SD. Entah kenapa tanpa rasa berdosa (anak kecil juga masih tanpa dosa sih :p), masih puasa, saya naik aja ke pohon jambu kluthuk (jambu biji) di samping rumah, yang buahnya kecil-kecil tapi pas udah matang, manis banget. Enak banget dicemilin. Makannya pun di atas pohon sekalian. Udah abis beberapa buah, eh..keliatan sama Ibu, langsung dipanggil deh. Terus saya tanya ke Ibu "Puasanya udah batal, jadi boleh makan ya, Bu?" (sambil bawa kaleng wafer, mau dibuka n dimakan). Ibu njawab: "Eh..nanti dulu, lanjutin dulu puasanya, tinggal satu jam lagi. Kan lupa, jadi ngggak apa-apa".
Di samping rumah Jalan Pucuk Jagung No. 19, pohon jambu sedap
7. Buat kue lebaran dan beli minuman lebaran

Hmm.. Ini nih, yang suka ditunggu-tunggu anak kecil kayak saya dulu. Buat kue lebaran. Entah nastar, kue salju, kacang goreng, atau kue lainnya. Biasanya sih, suka bikin adonannya, trus ntar bikin bentuk yang aneh-aneh, yang kadang kalo digoreng, di dalam kuenya belum mateng! Ahahaha.. Adonannya tebel banget sih..

Saya juga suka bagian beli minuman soda buat suguhan lebaran, atau sirup. Biasanya beli minuman soda beberapa krat, trus ntar dituangin buat tamu. Cuma yaaa..sebelum lebaran juga udah mulai berkurang tuh, minumannya. Hahaha..

Tapi sekarang tradisi kayak gitu ko udah mulai berkurang sama yang namanya "kepraktisan". Kue, beli. Minuman, pake yang gelasan siap saji. Fyuuh.. Saya juga pernah nulis tentang itu pas jadi penulis tamu di blognya Mbak Ely (link - Dunia Ely)

8. Main kembang api
Sepanjang Jalan Pucuk Jagung, banyak yang main kembang api
Malam Idul Fitriii.. It's time to fireworks!! Sama tetangga kanan-kiri, Bang Iqbal, Kak Iin, Bang Ijul, Mas Iko, Abdi, dkk, mainan kembang api biasa, mercon gasing, sampai mercon air mancur. Pernah tuh, Mbak saya tangannya kena mercon air mancur sampe dibawa ke Klinik PIM, kalo saya, kakinya pernah bolong karena nginjek bunga api yang jatoh. Nangis! Hahahaa

9. Lebaraaann

Naaaahhh ini nih yang ditunggu-tunggu. Puncaknya Ramadhan. Idul Fitri. Dimulai sholat Ied di lapangan, trus minum soda sampe puas, trus bertamu ke kawan-kawan Bapak. Biasanya paling suka nyobain kue di masing-masing rumah tamu. Kadang mupeng mau ambil kue yang ada coklatnya, tapi suka malu ngambilnya. Hehehe.. Dulu juga suka dikasih reward kalo bisa puasa sebulan penuh.
Pintu Gerbang Komplek PT PIM, dan lokasi dekat Sholat Ied
Nah, itu dia 9 Kenangan Masa Kecil versi Ramadhan di Aceh. :D Apa kenangan masa kecil versi kamu?

Note: Beberapa memori lupa-lupa inget, please correct me if I'm wrong. :D

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Cari HP?