Sari Nira Nusantara, Produk Kreatif Pro Rakyat

19.00

Ada yang suka kopi/coklat? Pengen sensasi yang berbeda pas minum kopi/coklat? Biar enggak cuma rasa yang itu-itu aja. Cobain deh, kombinasiin kopi/coklatmu dengan gula semut.
Gula Semut (Palm Sugar) buatan Sari Nira Nusantara (Sumber: website Sari Nira Nusantara)
Haa? Semut bisa bikin gula juga? Hehee.. Gula semut itu istilah lain buat sari nira, atau orang lain biasa menyebutnya dengan palm sugar. Emang enak gitu, kopi pake gula semut? Sebelumnya, yuk liat sejarah produk Sari Nira ini, produk dalam negeri karya teman saya.

Master plan itu saya lihat terpampang di kamarnya pada tahun 2011, saat itu saya dan dia kebetulan berada dalam 1 tim KKN yang sama dan berencana mengadakan diskusi.
"Wah, apa ini, Han?" tanya saya.
"Ini, alat pengkristal gula buat skripsiku nanti" kata Rehan.
"oooohhh itu tho" gumam saya.
Di gambar terlihat skema sebuah alat dengan beberapa saluran pipa. Awalnya saya enggak begitu "ngeh" dengan alat itu.
Jaman KKN (Jaman Muda) :p
Beberapa tahun kemudian, usahanya terlihat menuju titik terang. Dari mulai membuat produk kopi sendiri, hingga mendirikan kafe. Rehan Abdullah Salam namanya. Lulusan Fakultas Teknologi Pertanian ini melihat celah dan potensi pengembangan gula semut yang tidak hanya memberdayakan petani lokal, tetapi juga dapat membuat sebuah produk premium berupa kombinasi antara gula semut aren dengan kopi ataupun coklat. Menggunakan brand Sari Nira Nusantara, produk kreatif Indonesia ini mencoba menembus pasar Indonesia, khususnya segmen anak muda yang sering nongkrong di kafe atau restoran untuk menikmati kopi/coklat panas.
Gula Aren dan Coklat, cocok dikombinasikan dan sedaaap (Sumber: website Sari Nira Nusantara)
Kenapa di judul saya menyebut Sari Nira pro rakyat? Nah ini nih, alasannya. Setelah menemukan mesin pengkristal gula semut, Rehan sengaja tidak membuat paten atas alatnya tersebut. Padahal bisa saja dia mengambil untung dan royalti dengan menjual lisensi dari mesin yang dia buat kepada petani-petani nira. Tapi, dia memilih untuk memberdayakan petani nira agar bisa lebih berkembang dan mengaplikasikan teknologi dengan mudah. Dengan meminjamkan alat tersebut ke petani, Rehan membeli gula semut yang telah diolah petani di daerah Kulon Progo (untuk coconut palm sugar/gula semut kelapa) dan Purworejo (untuk gula semut aren/aren palm sugar). Pro Rakyat kan? Ini yang No. #1.

Alasan No. #2 nya yaitu palm sugar dikenal memiliki kadar Indeks Glikemik yang lebih rendah dari gula yang dihasilkan oleh tebu, jadi, penikmat setia kopi/coklat, tidak perlu khawatir akan ancaman diabetes. Pro Rakyat kan?

Gula aren Sari Nira ini asli produk Indonesia, produk dalam negeri. Disadap oleh petani dari pohon di daerah Indonesia dan diolah sendiri oleh petani Indonesia untuk kemudian dipasarkan. Masih banyak kafe-kafe yang cenderung menggunakan brown sugar impor dari luar negeri, padahal bahan baku brown sugar itu ya dari Indonesia juga, diolahnya aja di luar negeri. Habis itu dipasarkan lagi di Indonesia dengan harga yang lebih tinggi. Makanya Sari Nira tu pro rakyat (alasan No. #3).

Walaupun termasuk produk kreatif Indonesia, tapi memang agak sulit untuk mendobrak kebiasaan orang Indonesia yang merasa lebih elegan, lebih bangga menggunakan produk dari luar negeri, walaupun lebih mahal. Padahal Indonesia tu enggak kalah kok, dalam menciptakan produk cita rasa premium. Sulit juga menumbuhkan semangat wirausaha. Sebelumnya saya pernah melihat kegigihan Rehan memasarkan produknya, mulai dari menjajakan sendiri, mondar-mandir kesana-kemari, sampai menuai hasil seperti sekarang ini. Sifat tersebut yang harus dicontoh para wirausahawan, khususnya wirausahawan muda atau wirausahawan pemula. Gigih, tekun, pantang menyerah, itu kuncinya.
Pecinta kopi harus pernah nyobain Sari Nira Coffee (Sumber: website Sari Nira Nusantara)
Pas saya nyobain, baik itu Coklat Panas plus Gula Aren, atau Kopi plus Gula Aren, rasanya emang beda, ada sensasi tersendiri, rasa yang unik. Jadi, jangan ngaku pecinta kopi kalo belum nyobain kopi plus gula aren buatan Sari Nira Nusantara ini. Mau nyobain? Cobain aja kontak Sari Nira Nusantara, ya.

Enggak menutup kemungkinan nih, di masa depan, Sari Nira Nusantara ini bisa mengikuti Pameran Produksi Indonesia, karena bisa dijadiin produk unggulan Indonesia.

Nah, bagi yang mau liat produk Indonesia yang berkualitas, asli karya anak bangsa, dan yang pasti produknya kreatif bin ciamik, datang aja ke Pameran Produksi Indonesia yang akan diadakan di Bandung, Harris Convention Festival CTLink, tanggal 22-25 Mei 2014.
Pameran Produksi Indonesia. Produk Indonesia Mantabbbbb!!
Cintai Produk Dalam Negeri yuk.
Bantu produk kita bersaing dan perkenalkan pada dunia.
Produk Indonesia Mantabbbbb!!!

You Might Also Like

7 comments

  1. Selamat Dimas Agil.....iiiihh..kopi Sari Niranya pengen ah....btw..hadiah tasnya nanti bakal dikasih ke siapa..?hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mbak Eka.. :D
      Suka kopi juga ya, Mbak?

      Hehehee aneh ya, cowok sendiri, malah dapet tas..
      Bingung, Mbak. Takut rebutan nih, punya 3 kakak, cewek semua, plus ibu juga..
      Hahahahaaa..

      Hapus
    2. Iya...aku pencinta kopi...Wah, hidupmu dikeliligi cewek ya bearti, hahahah kalau begitu tasnya dikasih buat pacar aja dong...hihihih...

      Hapus
    3. Coba Kopi Aceh juga Mbak, mantap juga..

      Hehehehee.. wah, ide bagus, Mbak. Pasti seneng deh.. :)

      Hapus
  2. menemukan mesin pengkristal gula semut? itu didaerah lokal aja ato diseluruh indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo setau saya, waktu itu skala skripsi yang akhirnya diwujudkan alatnya. Kalo masalah penyebaran, saya kurang tau.. Hehe

      Hapus
  3. gan cv sari nira nusantara punya berapa produk? ada dua aja gan? coklat gula aren ? sama kopi gula aren? ada lagi gak gan?

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Cari HP?