Salah Kaprah tentang Diet yang Masih Dipercaya

08.00

Beberapa orang merasa ingin berteriak ketika mendengar kata DIET. Banyak stigma negatif dan mitos yang masih dipercayai tentang diet sehingga menghalangi seseorang untuk melaksanakan diet yang sehat. Nah, apa saja salah kaprah diet yang masih dipercayai oleh banyak orang? Mari kita kupas satu per satu.
Gorry Gourmet Mitos Diet dan Salah Kaprah tentang Diet
Mitos Diet dan Salah Kaprah tentang Diet
1. Diet itu khusus untuk orang gemuk

Jika kata khusus diikutkan, maka pernyataan tersebut salah. Pada  umumnya, memang, diet biasa dilaksanakan orang yang memiliki kelebihan berat badan, tetapi diet tidak melulu dilakukan oleh orang yang memiliki kelebihan berat badan. Dalam bahasa Indonesia, kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu (Wikipedia). Diet dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan, orang yang ingin menaikkan berat badan, atau orang yang menghindari makanan tertentu akibat penyakit atau alergi. Jadi nggak cuma orang gemuk ya, yang melakukan diet. Orang kurus maupun gemuk melakukan diet untuk mendapatkan berat badan ideal, orang yang sedang dicoba mendapat penyakit seperti diabetes atau darah tinggi pun perlu melakukan diet untuk mengatur asupan makanan untuk diterima tubuhnya.
Gorry Gourmet Diet Khusus Orang Gemuk
Diet khusus untuk Orang Gemuk? (ilustrasi: Sumber)
2. Diet dilakukan dengan cara tidak makan sama sekali, atau memuntahkan kembali makanan yang telah dimakan

Salah besar. Diet bukan dilakukan dengan cara seperti itu, tetapi diet dilakukan dengan cara pengaturan pola makan dan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh tetap membutuhkan energi untuk beraktivitas sehari-hari, dan untuk mendapatkan energi tidak lain adalah dengan cara makan dan minum secara seimbang. Contoh mudah ketika kamu ingin menurunkan berat badan adalah, kamu tetap makan tiga kali sehari, tetapi porsi makan dikurangi atau jenis makanan diganti dengan yang berkalori rendah, tetapi membuat kamu tetap kenyang dalam jangka waktu lama.

3. Diet itu menyiksa tubuh

Ketika kamu melakukan diet dengan memuntahkan kembali makanan yang telah dikonsumsi (atau yang lebih dikenal dengan bullimia), tentu diet akan menyiksa tubuh. Atau ketika kamu diet dengan tidak makan sama sekali, maka tubuh kamu akan terasa sangat lemas sehingga mengganggu aktifitas sehari-hari. Faktanya, diet saat ini bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, seperti bergabung dengan komunitas diet untuk memberi semangat satu sama lain atau diet sambil belajar mengolah makanan yang lezat dan sehat.

4. Diet bisa dilakukan secara instan
Gorry Gourmet Diet Instant yang Disukai Orang
Diet instan yang "disukai" orang
Banyak iklan di media sosial ataupun situs-situs yang menawarkan untuk menurunkan/menaikkan berat badan beberapa kilo dalam 1-2 Minggu melalui obat yang katanya "diramu khusus". Efek-efek seperti badan mudah lelah atau lemah akibat kekurangan asupan nutrisi yang seimbang, kerusakan organ tubuh akibat meminum obat yang tidak jelas kandungannya, hingga daya tahan tubuh menurun, mengintai orang yang melakukan diet secara instan melalui obat/diet instan dengan sering tidak makan. Efek pantul/bouncing paska melakukan diet instan juga akan mengecewakan kamu, ketika berat badanmu kembali seperti semula dengan cepat pula setelah tidak mengonsumsi obat itu lagi. Diet adalah sebuah pengaturan pola makan dan nutrisi yang dilakukan agar kebutuhan tubuh tetap terpenuhi, tetapi tetap dapat memenuhi tujuan mendapat tubuh ideal yang diinginkan.

5. Untuk melakukan diet, cukup hanya mengatur pola makan

Beberapa orang berpikiran seperti ini

Yang ingin menurunkan berat badan: lakukan pengaturan makan, dan berat tubuh akan turun drastis
Yang ingin gemuk dan ideal: perbanyak makan dan badan akan menjadi atletis
Yang sedang mengidap gangguan kesehatan: atur asupan makan dan bersantai-santai
Gorry Gourmet Perlunya olahraga untuk mengimbangi program diet sehat
Olahraga diperlukan untuk melancarkan program diet sehat (ilustrasi: Sumber)
Mereka melupakan faktor penting berolahraga. Diet dan olahraga sebaiknya dilakukan bersama-sama mengingat begitu banyak efek sehat dari melakukan olahraga secara teratur. Olahraga memiliki manfaat membakar kalori (yang ingin menurunkan berat badan), menambah massa otot (bagi yang ingin memiliki tubuh ideal), dan melancarkan sirkulasi darah dan berbagai efek lainnya (bagi yang sedang terkena gangguan kesehatan)

6. Makanan diet membosankan

"Ah, bosen makannya ini-ini melulu. Makan oat lah, makan ikan, makan buah."

Makanan-makanan sehat tersebut akan terasa membosankan bagi orang yang sedang melakukan diet jika penyajiannya monoton dan tidak menarik. Akhirnya, tujuan diet tidak tercapai karena kesemangatan dan program diet terputus di tengah jalan. Faktanya, di era serba modern ini, kamu bisa membuat menu diet yang menyenangkan berdasarkan saran ahli nutrisi yang dikembangkan melalui menu-menu diet yang menggugah selera yang ditemukan di internet. Kamu bisa mencoba membuatnya sekaligus belajar memasak. Menarik bukan? Sementara bagi yang sibuk, menyantap menu diet bukan lagi halangan lho, apalagi sekarang ada Gorry Gourmet yang menyediakan catering diet sehat. Selain menyajikan menu yang lezat, nutrisi yang didapat dari setiap menu yang disajikan juga telah dikonsultasikan bersama dokter gizi berpengalaman, lho.

Catering diet sehat dan lezat ala Gorry Gourmet juga bisa menyesuaikan menu diet kamu, apakah kamu mau melakukan weight loss (penurunan berat badan), low carbs (makanan rendah karbohidrat untuk penderita diabetes, pemulihan kanker), atau muscle building (bagi yang ingin membentuk badan). Buat yang ingin membuat menu khusus (special needs), Gorry Gourmet juga bisa kok. Makanan sehat dan lezat seperti Poached Ginger Chicken, Duo Salmon Gindara, Grilled Norwegian Salmon, hingga Chicken with Berries Compote, dan menu diet lainnya dipastikan menggungah selera kamu tanpa khawatir mengganggu program diet yang sedang kamu jalani.
Gorry Gourmet Menu Catering Diet Sehat
Contoh Menu Catering Diet Sehat dan Lezat ala Gorry Gourmet
"Eh, kok kayaknya enak ya. Lokasi Gorry Gourmet dimana sih?"

Untuk sekarang, Gorry Gourmet melayani catering diet sehatnya untuk seluruh wilayah Jakarta. Semoga nanti catering diet Jakarta Gorry Gourmet bisa "melebarkan sayapnya" ke daerah lain, ya.

"Gimana cara pesan Menu Diet Sehat Gorry Gourmet?"

Gampang banget, hubungi aja salah satu kontak di bawah ini
Telepon: +6221-565-3246
Whatsapp/SMS: +62812-8513-0917
Line: gorrygourmet
BBM: 7F616DB0
Email: order@gorrygourmet.com atau gorrygourmet@gmail.com

"Pengen ngintip-ngintip dulu, sama Menu Catering Diet Sehat Gorry Gourmet, nih.."

Pantengin aja salah satu media sosial Catering Online Gorry Gourmet ini:

"Mahal nggak sih, menu di Gorry Gourmet?"

Nggak dong, apalagi Gorry Gourmet sering memberikan diskon spesial buat pelanggannya, kayak promo September Ceria yang lagi berlangsung sekarang. Waow...


Diskon Spesial yang Sering Diberikan Gorry Gourmet
Diskon Spesial yang Sering Diberikan Gorry Gourmet
Jadi masih bilang kalo makanan diet membosankan? Nggak lah yaw..

Nah, udah tahu kan, kalo diet itu nggak selalu memiliki arti negatif? Jangan salah kaprah lagi sama yang namanya diet, ya..
Yuk bersama-sama melakukan diet sehat untuk masa depan yang lebih baik.


Kredit ilustrasi: canva.com

You Might Also Like

4 comments

  1. Mindset kita sudah salah selama ini ya, padahal diet juga perlu makan enak loh, tapi yang membedakan terletak pada pengolahan menu makanan dan jumlah kalori lebih diperhatikan lagi. Nice sharing .Salam kenal dari blogger Ndeso. Saya juga ikutan loh, KUYlah kepoin blog saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak orang berpikir makan enak bikin gemuk. Bisa iya bisa nggak, ya
      hehehe..

      Nah, jumlah kalori yang masuk/keluar memang menentukan dalam program diet

      Makasih udah mampir Mas :D

      Hapus
  2. Makanan yang di ada di gorrygourmet walaupun kelihanya seperti berlemak, tapi takarannya pas, jadi gak bikin gemuk bagi yang memakanya. Kangamir dot kom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang, khas makanan diet ala buku2 fitness gitu. Pengen nyoba sebenernya, kayaknya enak

      Hapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Banyak Promo Lho...