Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah

15.00

Halo, Kambuna Story Friends..
Udah 2 minggu sejak Kambuna Story ngeluarin artikel dan video Unboxing Infinix Hot S yang dijual dengan diskon eksklusif oleh salah satu marketplace di Indonesia, nah jadi sekarang giliran review lengkap Infinix Hot S-nya. Biar adil sama Hisense Pureshot Lite yang sebelumnya saya review juga. Langsung aja yuk, cek TKP Review Lengkap Infinix Hot S yang Murah tapi Spesifikasi Nggak Kalah ini.

1. Display dan Tampilan HP

Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah
Mengusung body metal dengan dimensi 148,8 mm x 73,2 mm x 8,1 mm layaknya tren smartphone murah keluaran terbaru, Infinix Hot S terlihat layaknya HP middle end (macam Oppo F1s), bahkan nggak kalah sama HP high end kalo dilihat dari segi tampilan. Balutan warna berlin grey menambah kesan "beda" dari yang lain yang sekarang banyak produsen membalut smartphone besutan mereka dengan warna gold. Kamu bisa ngelihat penempatan tombol dan port HP ini sama seperti HP "umum", dengan penempatan audio jack di atas, port charger + speaker di bawah, tombol power-volume di sebelah kanan, dan sim card-micro SD tray (hybrid) di sebelah kiri. Kalo dibandingin dari segi bobot, Infinix Hot S terasa sedikit lebih ringan dari Hisense Pureshot Lite. Namun sayang, tidak ada backlight di tombol back, menu, dan recent.
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah body tampak belakang
Tampak belakang Infinix Hot S
Sementara itu, ukuran layar 5,2 inch dengan resolusi 1280x720 piksel dan kerapatan 320 ppi (berdasarkan Antutu) sangat memanjakan mata dengan warna cerah, apalagi ditambah tampilan yang bagus lewat XOS Launcher-nya. Bisa dibilang dari segi "memanjakan mata", Pureshot Lite kalah jauh kalo dibandingin sama Hot S ini.

2. Sistem Operasi

Android Marshmallow yang dipadukan dengan XOS Launcher terasa sangat cocok untuk HP jaman sekarang. Lebih bagus lagi sebenernya kalo udah dapet Nougat, hehehe. Tapi dengan update yang terus dimunculkan oleh XOS/Infinix (saya sudah mendapatkan 2 update dalam 1 bulan ini), saya merasa lebih dari cukup untuk sistem operasi. Karena Sistem Operasi yang up to date dan perbaikan bug yang dilakukan secara continue membuat HP menjadi aman.
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah sistem operasi android marshmallow
Dilengkapi Sistem Operasi Android Marshmallow
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah launcher XOS Chameleon
XOS Chameleon dan beberapa fitur bawaaannya
Tidak ditemui lag berarti saat menjalankan HP ini selama kurang lebih satu bulan. App drawer dan tampilan menu di depan diberikan XOS secara bersamaan.

3. Cek Hardware Antutu

Saat saya melakukan cek hardware dan cek performa menggunakan Antutu, HP Infinix Hot S ini mendapatkan skor 36.337 poin, lebih besar 12.000 poin dari HP Hisense Pureshot Lite saya. Hal ini menunjukkan HP ini memang memiliki performa yang lebih baik dalam hal hardware dan grafis. HP Infinix X 521 ini ditunjang oleh prosesor Mediatek Octa Core MT6753 (generasi yang lebih baik dibanding seri termurah Mediatek MT6375P) dan grafis GPU Mali T720. Dengan skor sebesar itu, Hot S berada di peringkat 51 di daftar skor smartphone di bawah Meizu M3 Note. Jadi nggak heran, user interface-nya berjalan mulus tanpa halangan berarti.
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah cek hardware antutu
Hasil Cek Hardware Antutu
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah antutu benchmark
Hasil Antutu Benchmark
Beberapa sensor diakomodasi oleh Infinix ke dalam Hot S, antara lain Acceleration, Gyroscope (software), Light Sensor, Magnetic Field, dan Proximity.

4. Memori Internal dan RAM

Memori internal 16 GB dan RAM 2 GB disuntikkan ke dalam Hot S. Namun, yang saya herankan disini adalah, saat pertama digunakan, HP ini menunjukkan memori internal yang bisa digunakan sekitar 10,28 GB (setelah dikurangi sistem) dan yang tersisa tinggal 8,24 GB (bahkan 7 GB). Padahal saya belum mengubah-ubah sistem, termasuk menambahkan banyak aplikasi. Dan dari 2 GB RAM, hanya tersisa sekitar 600 MB saja. Aneh.
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah memori internal dan RAM
Sisa Memori dan RAM di awal turun drastis. Tanda masih ada bug?
Tapi setelah penggunaan beberapa saat, internal memory kembali lega, begitu juga RAM. Apakah ini salah satu bug Hot S?

5. Performa Game HD: Zombie Age

Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah performa game HD
Lancar memainkan Zombie Age 3 dengan kualitas gambar HD
Dengan prosesor yang disebutkan di atas, Infinix X-521 termasuk lancar memainkan game berkualitas gambar HD. Saya memang tidak sempat memainkan game berat HD macam Asphalt dan sebagainya, saya memainkan game Zombie Age 3 dengan kualitas gambar HD yang sempat muncul lag saat saya memainkannya menggunakan Pureshot Lite, dan hasilnya game berjalan lancar menggunakan Hot S ini. Kabar gembira buat penggemar game. :D

6. Konektivitas: Dual SIM Hybrid

Sama seperti saudaranya, Hisense Pureshot Lite (HP lain milik saya :p), Infinix Hot S menggunakan dual SIM hybrid untuk mengakomodasi penggunaan operator selular dan memori eksternal. Dengan sistem Hybrid, kamu bisa memilih untuk menggunakan dual SIM (double ON) tanpa memori eksternal, atau single SIM card dengan memori eksternal. Cukup disayangkan buat yang punya mobilitas tinggi, karena memori 16 GB dirasa kurang lega, apalagi yang suka nyimpen foto, video, atau hobby merekam momen sama teman-teman. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan dual SIM card dan membeli USB On The Go yang hanya berharga 10 ribu.
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah dual sim hybrid
Infinix X521 dengan Dual SIM Hybrid
Oiya, mengenai jaringan, saat pertama kali diaktifkan, HP Infinix Hot S ini hanya menyediakan jaringan maksimal di sektor 3G. Ketika 1 nomor diatur agar mendapatkan jaringan 3G, maka otomatis kartu satunya terkunci di jaringan 2G. Tenang, kamu nggak perlu membolak-balik kartu secara manual, karena SIM1 dan SIM 2 dapat kamu gunakan sebagai kartu utama (khususnya kartu data) menggunakan pengaturan di sistem.
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah setting infinix x521
Pengaturan Infinix Hot S
Duh, jadi HP nya belum 4G nih? :( Tenang, tenang, kamu tinggal meng-update sistem kamu di pengaturan (sekitar 430 MB) dan otomatis, pilihan jaringan 4G kamu akan keluar kok, dan lancar jaya buat surfing (selama kamu menggunakan SIM card yang support 4G dan di daerah yang ter-cover 4G).

7. Baterai

Dengan baterai 3.000 mAh, dan penggunaan standar saya (browsing sesekali, lumayan sering chatting, sama buka Instagram dan main game sesekali), HP ini sanggup bertahan dari penuh sampai low batt (10%-15%) dalam waktu 19-20 jam. Sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari, karena kamu cukup men-charge HP kamu di malam/pagi hari, dan kamu bisa men-charge nya lagi saat malam hari mau tidur. Jadi siang-siang nggak perlu repot nyari colokan ya. :D
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah port charger baterai
Port charger baterai Infinix Hot S, belum mendukung speed charging
Sebenarnya ketahanan baterai itu relatif, tergantung penggunaan, saya juga belum bisa melakukan pengetesan khusus baterai. Dengan body metal, Hot S juga termasuk dingin selama penggunaan.

8. Fitur Unggulan

Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah fitur unggulan 1
Beberapa fitur unggulan Infinix: Fingerprint, Freezer, Print
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah fitur unggulan color fly
Beberapa fitur unggulan Infinix: Colorfly
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah fitur unggulan magic movie
Beberapa fitur unggulan Infinix: File Manager, Magic Movie, XShare
Dengan aplikasi yang ada, saya melihat potensi besar dari beberapa aplikasi bawaan Hot S (walaupun banyak juga yang berasa "nggak kepake"). Pertama, saya suka banget sama XOS Chameleon yang digunakan sebagai user interface. Tampilannya oke, user friendly, nggak susah. Warna-warnanya cerah. Kayaknya nggak perlu make launcher lainnya, deh. Apus Launcher aja langsung saya hapus setelah di-review. Terus, ada juga Freezer (menonaktifkan aplikasi agar tidak berjalan di background), XShare (semacam Share It yang kualitas dan penggunaannya hampir sama) yang masuk dalam XFamily, body metal, Fingerprint Sensor, Colorfly (aplikasi mewarnai semacam doodle), sama Magic Movie yang berguna untuk bikin video pendek dengan efek unik yang gokil, cocok buat video pendek di Instagram).
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah body metal
Body metal jadi salah satu keunggulan Infinix Hot S
Selain itu, saya juga suka sama aplikasi File Manager bawaan XOS. File Manager dari XOS udah mumpuni buat meng-organize file-file kamu, atau memori penyimpanan kamu, jadi nggak perlu download aplikasi pihak ketiga yang kadang suka nyebelin, banyak iklannya!

9. Kekurangan

Di samping fitur unggulan atau yang bisa juga disebut kelebihan, ada juga beberapa kekurangan di HP Infinix Hot S ini.

Yang pertama, secara fisik: Tombol Power maupun Tombol Volume Up-Down yang terletak di sebelah kanan HP, terlalu mudah terpencet secara tidak sengaja, walaupun udah dipasangin case. Cukup mengganggu karena HP bisa menyala tiba-tiba.
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah tombol power dan volume kekurangan
Tombol power + volume mudah terpencet
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah bloatware infinix x521
Banyak bloatware
Kedua: banyak banget bloatware atau aplikasi bawaan dari Infinix Hot S ini, seperti Apus Launcher, Bigo Live (tapi yang ini mungkin ada yang seneng nih :p), Kurio, dan lain sebagainya. Banyaknya bloatware ini memunculkan beberapa efek, antara lain munculnya iklan yang tidak diinginkan saat menggunakan HP ini. Akhirnya saya memilih untuk menghapusnya, dan iklan pun menghilang. 

10. Kamera Infinix Hot S

Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah kamera belakang 13 MP
Kamera belakang + flash Infinix Hot S
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah kamera depan 8 MP
Kamera depan Infinix X521 + flash
Untuk kamera, dengan mengusung kamera 13 MP di belakang dan 8 MP di depan, kedua-duanya udah dilengkapi flash, saya merasa cukup puas performanya, walaupun tidak bisa dibilang sempurna. Hasil kameranya udah lebih dari cukup buat di-upload Instagram atau media sosial lainnya. Apalagi kamera depannya juga udah dilengkapi flash, pengaturan dan mode pemotretannya juga lengkap, dari Mode Beauty sampai Mode Professional. Contoh gambar ada di bawah, ya. Kalo review lengkap hasil jepretan kameranya, mungkin di next post. Oke? :D

11. Penutup dan Kesimpulan

Sebagai penutup, bersaing dengan merk lain dengan range harga yang sama seperti Xiaomi ataupun Samsung, spesifikasi HP ini nggak kalah, walaupun berharga murah. Apalagi kalo dibandingin sama Samsung yang memiliki harga cukup tinggi dengan harga yang fantastis. Buat kamu yang nyari HP di rentang harga 2 juta ke bawah, Infinix Hot S dengan layar 5,2 inch-nya bisa kamu jadikan pilihan, karena sudah mengakomodasi kamera bagus, RAM udah 2 GB, dan body metal

Nah, kalo kesimpulannya bisa kamu lihat di bagian bawah ini.

Pros:
Body Metal
Launcher/User Interface XOS Chameleon istimewa
Kamera bagus
Layar cerah
Baterai berkapasitas besar

Cons:
Tombol power dan volume up-down mudah terpencet
Dual SIM Hybrid
Banyak bloatware = banyak iklan

Nah, jadi udah yakin mau beli HP ini? Atau masih belum puas? Pikir mateng-mateng aja deh, hahaha. Yang lebih murah ada Hisense Pureshot Lite yang pernah saya review, atau yang lebih bagus ya Infinix Hot S aja: Murah, tapi Spesifikasi Nggak Kalah.

Update pertama: setelah update 400 MB-an, pengaturan 4G-3G-2G (auto) dan 4G only keluar.
Logo saat booting berubah lebih cantik
Update kedua: ada update sebesar 300 MB-an yang belum saya lakukan (di keterangan: untuk memperbaiki bug di beberapa aplikasi

NIh, saya kasih beberapa screenshot fitur HP Infinix Hot S atau Infinix X521: Murah, tapi Spesifikasi Nggak Kalah:
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah front menu
Front menu Infinix X521
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah mode kamera
Pilihan mode kamera Infinix Hot S
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah pengaturan kamera
Pengaturan Kamera Infinix Hot S: Cukup Lengkap
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah XOS family
XOS Family: lengkap!
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah skor Antutu
Skor Antutu: Tembus 36 ribu, lho..
Review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah notification bar
Tampilan Notification Bar: suka nggak?
Nah, tentukan pilihanmu, ya. :D
Eiya, tunggu aja review Infinix Hot S: Murah, Spesifikasi Nggak Kalah-nya yang versi video ya. :) 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Cari HP?