Kelebihan Traveling dengan Sepeda Motor (Plus Tips Packing)

07.00

Sahabat, mungkin beberapa dari Sahabat ada yang sudah mengetahui kalo saya punya website yang isinya pengalaman traveling saya. Banyak cerita jalan-jalan saya yang tercantum di Meanwhile U and Me, mulai dari Aceh, Bandung, Semarang, Yogyakarta, sampai cerita jalan-jalan saya ke Pacitan ada disana.
Traveling Kemana-mana. Pantai jadi Favorit
Nah, tahu juga enggak? Kalo diperhatiin (yang mau merhatiin, hehe), saat saya traveling, mayoritas saya menggunakan sepeda motor sebagai transportasi utama saya. Enggak peduli itu 400 km jauhnya, 200 km, saya lebih nyaman menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi utama. Mungkin ada yang mikir, ngapain sih, capek-capek gitu? Enakan juga naik kereta api atau naik bus, tinggal duduk, merem, tidur, nyampe deh.

Hehehe... Mau tahu kenapa saya lebih enjoy pake sepeda motor? Banyak lebih yang saya dapet kalo saya traveling pake sepeda motor. Ini dia alasannya.

a. Lebih fleksibel
Pake sepeda motor tuh lebih fleksibel dalam urusan waktu dan lainnya. Misal, saya mau berangkat pagi, bisa. Siang, bisa. Malam pun bisa. Sesuai kondisi saya dan nyamannya saya mau berangkat kapan. Saat di perjalanan kebelet buang air kecil dan besar, saya bisa berhenti mencari toilet di pom bensin sesuka kita.
Lebih fleksibel. Saya sih, suka berangkat pagi :)
Selain itu, saat berada di daerah tujuan, saya bisa pergi kemana-mana, semau saya. Tanpa khawatir tidak ada angkutan, atau terlalu pagi untuk mencari transportasi umum. Apalagi ada beberapa tempat, yang belum terjangkau angkutan umum, sehingga saya tidak perlu repot.

b. Lebih hemat
Bukan rahasia lagi, jika bepergian naik sepeda motor lebih hemat dibanding transportasi lainnya. Memakai Supra-X 125 PGM-FI (bukan iklan :p) kesayangan, dengan “meminum” 1 liter premium saya dapat menempuh jarak sekitar 50-60 Km, sehingga lebih hemat.
Motor kesayangan yang irit plus bandel. Liat aja, sampe kotor gitu :p
c. Lebih bisa menikmati pemandangan
Traveling dengan sepeda motor tuh enak, bisa menikmati pemandangan setiap desa, setiap kecamatan, hingga setiap kota. Terkadang, ada momen dan view yang tidak akan bisa kita dapatkan jika kita naik transportasi umum. Dan biasanya kalo naik transportasi umum tu bawaannya ngantuk melulu. Hehehe...
Jalan desa dan berbatu di Pacitan gini pun layak dinikmati :)
d. Lebih exciting, dapat pengalaman baru
Haa..sama dengan bisa ngeliat pemandangan, dengan begitu kita bisa mendapat pengalaman baru dengan “menjelajah” daerah yang belum pernah kita kunjungi. Terkadang nyasar, tersesat, atau salah jalan, bisa menjadi pengalaman tak terlupakan.
Saat menemukan spot asyik di Wonosari secara tidak sengaja
e. Lebih capek! Hehehe
Tentu saja traveling dengan sepeda motor itu lebih capek. Jadi, kita harus menyiapkan stamina kita biar tetep fit, ya.

Walaupun yang alasan yang terakhir lebih capek, tapi beneran lho, saya tetep lebih milih traveling pake motor kemana-mana. Berasa agak susah kalo enggak bawa motor.

Nah, kali ini saya juga mau berbagi nih, tips persiapan dan perlengkapan saya, kalo mau traveling pake sepeda motor. Check it out ya.

1. Packing kebutuhan kalian dalam ransel/backpack
Saya saranin ya, kalo mau traveling, terutama pake sepeda motor, pake aja ransel deh, jangan pake tas selempang, koper, tas sport, apalagi tas kresek! Hehe.. Karena, tas ransel mudah dibawa kemana-mana, baik di lokasi wisata yang kita tuju, atau selama di perjalanan. Kalo bawa tas selempang, kasian bahu kalian. Beneran. Nanti pegel sebelah, walaupun mungkin kalian bikin siasat “nggendong”nya gantian, kiri-kanan. Tas sport yang dijinjing, sama atuh, kasian tangannya pegel, apalagi kalo bawaannya banyak.
Pack your stuff on a backpack
Koper sih, khusus yang biasanya stay agak lama, itupun biasanya bawa dobel. Koper buat bawa perlengkapan dan ditinggal di hotel, trus bawa ransel buat jalan-jalan. Tas kresek mah, hahahaa..emang mau belanja?? Tapi tetep dibawa ya, kantong plastiknya. Bisa berguna buat menyimpan barang kita ketika basah, atau agar tidak basah.

Masukin semua perlengkapan kalian dalam ransel, yang cocok mah yang volume sekitar 20an Liter, kayak yang dijual di ACE Hardware ini. Uuu..mau deh. Tapi sesuai kebutuhan aja ya... Siapin juga “kondom” buat ransel kamu, biar ga basah.
Tas ransel kece yang ada di ACE Hardware
2. Pastiin si Baby, sepeda motor, dalam keadaan fit dan siap tempur plus lengkap
Ini yang paling penting, karena sepeda motor itu soulmate kita, kita juga harus mastiin kalo si doi dalam keadaan sehat wal afiat, enggak lagi sakit. Cek rem, rantai, ban, lampu-lampu, dan perkakas. Itu yang paling penting. Alat tambahan kayak senter juga perlu buat keadaan darurat.
Senter untuk keperluan darurat
Jangan lupa, jas hujan juga penting buat motorcycle traveler. Kalo bisa mah jangan yang model batman ya, karena agak bahaya buat manuver kalian di jalan raya. Pilih bikini two pieces. Eh, jas hujan two pieces. Alat keamanan kayak gembok rantai juga penting, lho. Kunci kendaraan kalian di tempat wisata, jangan sampai ilang digondol maling. Belum punya? Beli aja di ACE Hardware.
Kunci cakram, untuk pengaman motor
3. Bawa makanan (snack) dan minuman sendiri
Kenapa harus bawa sendiri? Kan biar murah. Hehehe... Trus uangnya bisa dimanfaatin buat yang lain. Daripada mampir ke toko di jalan, kadang jatuhnya lebih mahal. Kalo udah bawa bekal kan paling enggak menghemat beberapa persen. Apalagi minuman, paling penting, biar kita enggak dehidrasi. Istirahatlah setiap dua jam perjalanan (kalo kamu traveling jauh) dan bisa "disambi" ngemil.
Hindari dehidrasi dan berhemat dengan bawa minum sendiri
4. Siapin alat komunikasi plus kamera
Sekarang sih, udah canggih-canggih ya. Sekarang udah pegang smartphone semua, yang udah bundling sama kamera bermega-mega pixel. Kalo mau lebih jos dalam meng-capture momen ya bawa DSLR juga. Nah, biar enggak kelewatan meng-capture momen saat traveling, jangan lupa bawa PowerBank juga. Smartphone tu kan ga tahan lama baterainya. Sapa tahu juga lagi darurat, tiba-tiba habis baterai. Gawat kan? Belum punya? Ni, di ACE Hardware tersedia juga lho.. Pas banget kan?
Jangan lewatin momen cuma gara-gara habis batre :(
5. Persiapkan jalur yang mau kalian lewatin
Harusnya sih kalian udah tahu jalur yang mau kalian lewatin, nanti lewat mana-mana aja. Kalo daerah yang mau kalian kunjungi benar-benar baru, survey aja dulu via pengalaman traveler lain di blog, atau cek rutenya lewat peta. ATLAS jaman SMP masih ada kan? Hehehe... Udah ilang? Jangan kuatir, sekarang ada Google Maps yang udah meng-cover hampir seluruh wilayah Indonesia.

6. Patuhi peraturan lalu lintas saat berkendara dan cek kelengkapan izin berkendara (SIM dan STNK, kartu rental komik enggak usah! Hehe)
Ini juga penting bagi kita. Enggak mau repot kan, berurusan dengan polisi cuma gara-gara enggak bawa SIM? Kan sayang, hilang ratusan ribu untuk membayar denda/tilang. Bisa buat beli banyak oleh-oleh tuh. Siapkan juga kartu identitas, biasanya berguna untuk booking penginapan.

7. Berdo'a
Walaupun kelihatan sepele, tetapi berdo'a adalah hal terpenting sebelum kita berangkat melakukan perjalanan. Jadi, berdo'alah sebelum bepergian.

Yak, itulah Sahabat, kenapa saya lebih memilih jalan-jalan dengan sepeda motor. Hemat, efektif, dan efisien, walaupun agak capek. Hehehe...

Yang mau jalan-jalan, jangan lupa terapkan tips dan triknya, ya.. Yang terpengaruh artikel ini dan mau jadi satria jalanan, motorcycle traveler, bisa mengunjungi ACE Hardware sebagai One Stop Travel Shop. So, Lets Pack Your Things and Go!

You Might Also Like

2 comments

  1. uuhh bener banget mas hehe meng mantap motor tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor itu emang paling fleksibel Bro..

      Hapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Cari HP?